Purwokerto (ANTARA) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Jawa Tengah terus berupaya meningkatkan minat baca mahasiswa salah satunya lewat program perpustakaan digital atau elibrary.

"Kami punya program elibrary di android sehingga mahasiswa bisa tetap baca buku lewat telepon selular," kata pustakawan muda IAIN Purwokerto, Indah Wijaya Antasari di Purwokerto, Sabtu.

Dia menambahkan program tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan kemudahan akses perpustakaan guna meningkatkan literasi membaca bagi mahasiswa.

"Terutama pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini kami terus berupaya memberikan kemudahan bagi mahasiswa," katanya.

Dengan adanya program perpustakaan digital tersebut, kata dia, maka mahasiswa bisa mengakses perpustakaan tanpa harus hadir dalam bentuk fisik.

"Program ini sejalan dengan program protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19," katanya.

Dia menambahkan pihaknya juga membuat aplikasi program yang berisikan database hasil penelitian di IAIN Purwokerto.

"Kami menyebutnya repository dengan alamat www.repository.iainpurwokerto.ac.id yang berisikan kumpulan skripsi, tesis, disertasi hingga penelitian-penelitian yang dilakukan sivitas akademika IAIN Purwokerto," katanya.

Perpustakaan, tambah dia, juga membuka layanan penelusuran informasi sederhana, informasi kompleks, layanan penelusuran hadis, juga layanan yang berhubungan dengan kebutuhan penelitian seperti mencari bahan rujukan yang tepat dan lain sebagainya.

"Untuk mahasiswa baru ada pendidikan pemustaka yang menjadi rangkaian pengenalan kampus. Perpustakaan juga membuat panduan-panduan cara mengakses layanan-layanan tersebut yang diramu jadi satu dalam buku panduan perpus yang dibagikan pada mahasiswa baru," katanya.

Berbagai program yang dibuat tersebut, kata dia, mendapatkan berbagai tanggapan yang positif dari para mahasiswa.

"Kami berharap program ini dapat meningkatkan minat baca mahasiswa terutama pada masa pandemi COVID-19," katanya.
 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024