Klaten (ANTARA) - Jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Klaten bertambah empat sehingga secara kumulatif menjadi 206 orang hingga Minggu.

"Ada penambahan empat orang terkonfirmasi positif COVID-19. Mereka ini dari Kecamatan Wonosari, Delanggu, Manisrenggo dan Prambanan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Klaten Cahyono Widodo di Klaten, Minggu.

Cahyono menjelaskan bahwa pasien baru dari Kecamatan Wonosari ini berjenis kelamin laki-laki berusia 54 tahun.

Pasien tersebut berprofesi sebagai karyawan. Kemungkinan dia tertular pada saat melakukan aktivitasnya sehari-hari di Klaten.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 Indonesia bertambah 2.317 jadi 102.991 orang

Selanjutnya, pasien dari Kecamatan Delanggu berjenis kelamin perempuan berusia 43 tahun, pasien dari Kecamatan Manisrenggo berjenis kelamin perempuan berusia 26 tahun, dan pasien yang berasal dari Prambanan berjenis kelamin laki-laki berusia 37 tahun.

"Ketiganya ini juga berprofesi sebagai karyawan swasta. Kemungkinan tertular COVID-19 saat sedang melakukan pekerjaan mereka," katanya.

Pada saat ini pasien yang berasal dari Kecamatan Wonosari tersebut menjalani perawatan di RSUD dr. Moewardi Surakarta.

Tiga yang lain sedang menjalani isolasi di Rumah Sehat COVID-19 Edotel Klaten.

Selain penambahan kasus positif, kata dia, terdapat satu orang pasien dinyatakan sembuh. Pasien sembuh ini berasal dari Kecamatan Karangdowo.

Sebelumnya pasien ini dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 sejak 10 Agustus 2020 dan telah menjalani perawatan di RSUD Moewardi Surakarta.

"Dari hasil evaluasi pengobatan dengan pemeriksaan spesimen dari pasien tersebut menunjukkan negatif sehingga pasien dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang," katanya.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Purbalingga tercatat 70 orang

Meskipun sudah diperbolehkan pulang, pasien tetap melakukan isolasi mandiri minimal 7 hari.

Pihaknya mencatat dengan penambahan tersebut hingga saat ini sebanyak 45 orang pasien menjalani perawatan, 152 orang sembuh, dan 9 orang meninggal dunia.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024