Semarang (ANTARA) - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Semarang melaunching digital signature Anjungan Layar Semar dengan menggandeng Bank Jateng.

Kegiatan launching yang berlangsung di Gedung Moch. Ichsan Lantai 8 Balaikota Semarang, Selasa 4 Agustus 2020 tersebut dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat pencairan anggaran di BPKAD dengan terlebih dulu para petugas Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diberikan sosialisasi dan pelatihan terkait dengan pelaksanaan teknis tersebut.

Kepala BPKAD Kota Semarang Endang Sarwiningsih mengatakan dengan adanya aplikasi digital signature Layar Semar yaitu layanan pembayaran pengajuan SPP dan SPM ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pencairan anggaran di BPKAD.

"Sebelumnya pada saat ingin mencairkan anggaran di BPKAD, OPD membutuhkan waktu sekitar dua hari atau lebih. Selain itu pencairan juga membutuhkan banyak kertas untuk berkas-berkas yang diajukan. Adanya digital signature Layar Semar, akan sangat mempercepat proses pencairan anggaran di BPKAD, yang mana hanya memakan waktu dua hingga empat jam," katanya.

Selain mempermudah, mempercepat, dan paperless, katanya, layanan tersebut juga dapat mengurangi kontak fisik dengan petugas BPKAD, sehingga dapat meminimalisir penyebaran COVID-19.

"Penggunaan aplikasi ini nanti setiap OPD dalam mengajukan SPP, SPM dan SP2D tidak perlu lagi datang ke BPKAD, dimana sebelum-sebelumnya para bendahara ini datang ke BPKAD untuk mengajukan pembayaran," katanya.

Baca juga: Bank Jateng jalin kerja sama dengan Universitas Sahid Jakarta

Pemimpin Bidang Pemasaran Bank Jateng Cabang Koordinator Semarang Adhi Setiawan menambahkan launching digital signature Layar Semar merupakan upaya untuk mewujudkan sinergitas Bank Jateng dengan Pemerintah Kota Semarang utamanya untuk peningkatan pengelolaan keuangan daerah agar lebih efektif dan efisien.

"Kami akan mendukung terus terkait upaya dan inovasi dari pihak Pemerintah Kota yang berkecimpung di pengelolaan keuangan daerah dan yang bersinergi dengan Bank Jateng. Ke depan apabila akan ada inovasi-inovasi yang diberikan, kami juga akan terus mendukung," kata Adhi.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang mengapresiasi kemudahan tersebut.

"Ini merupakan satu program atau temuan bagus yang berguna untuk mempercepat pengurusan pencairan anggaran di BPKAD, semoga ke depannya dengan adanya Layar Semar ini dapat semakin mempermudah," katanya.

Ita juga mengimbau agar layanan Layar Semar terus dipantau selama masa penggunaannya, jangan sampai semua orang masuk di sistem tersebut akhirnya menjadi rusak dan perlu diperhatikan penggunaan Layar Semar khususnya untuk penyimpanan data yang ada.

Baca juga: Bank Jateng bersama Pemkot Semarang salurkan sembako ke warga Tinjomoyo
 

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024