Purwokerto (ANTARA) - Petugas Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Banyumas membagikan masker kepada warga dan anak-anak di Desa Kalicupak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dalam rangka Operasi Patuh Candi 2020.

"Operasi Patuh pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, kami lebih mengedepankan upaya pre-emtif," kata Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi Whisnu Caraka melalui Kepala Satlantas Komisaris Polisi Davis Busin Siswara di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Terkait dengan upaya pre-emtif, dia mengatakan pihaknya juga menggelar sosialisasi untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat terkait dengan keselamatan dalam berlalu lintas di samping kegiatan razia rutin.

Menurut dia, salah satu sasaran sosialisasi dalam rangka Operasi Patuh Candi 2020 di wilayah Polresta Banyumas adalah warga Desa Kalicupak, Kecamatan Kalibagor.

Oleh karena Operasi Patuh Candi 2020 berlangsung saat terjadi pandemi COVID-19, kata dia, dalam sosialisasi keselamatan berlalu lintas tersebut juga disisipi dengan sosialisasi pencegahan penularan COVID-19 dan pembagian masker, khususnya kepada anak-anak.

"Anak-anak sangat rentan terhadap penularan COVID-19 karena mereka saat bermain sering kali tidak memerhatikan protokol kesehatan seperti jaga jarak, memakai masker, serta mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir," katanya.

Ia mengharapkan dengan adanya pembagian masker tersebut, anak-anak dapat meminimalisasi terjadinya penularan COVID-19.

Selain itu, kata dia, anak-anak sering kali nekat mengendarai sepeda motor sehingga perlu mendapatkan edukasi bahwa apa yang mereka lakukan merupakan pelanggaran karena belum cukup umur dan tidak memiliki surat izin mengemudi.

"Apalagi saat berkendara, anak-anak itu sering kali tidak mengenakan helm sehingga sangat berbahaya bagi keselamatan mereka jika terjadi kecelakaan. Kami tidak ingin anak-anak menjadi korban kecelakaan lalu lintas maupun COVID-19, sehingga sosialisasi ini kami gelar," katanya,

Disinggung mengenai pelaksaaan Operasi Patuh Candi 2020 di wilayah Polresta Banyumas, Kasatlantas mengatakan berdasarkan data sementara sejak dimulainya operasi pada tanggal 23 Juli 2020 hingga saat sekarang, pihaknya telah memberikan 378 tilang dan 1.146 teguran terhadap para pelanggar.

"Operasi Patuh Candi 2020 ini akan dilaksanakan hingga tanggal 5 Agustus," katanya. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024