Purbalingga (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, mengintensifkan pemetaan tempat pemungutan suara (TPS) dalam rangka persiapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020.

"Kami juga baru saja mengadakan bimbingan teknis yang bertujuan untuk melakukan pemetaan TPS," kata anggota KPU Kabupaten Purbalingga Andri Supriyanto di Purbalingga, Rabu (1/7).

Pada saat ini, kata dia, total tempat pemungutan suara di Kabupaten Purbalingga sebanyak 2.129 TPS.

Andri Supriyanto menjelaskan bahwa pembentukan TPS berbasis dari RT atau RW sehingga memudahkan pemilih untuk datang ke TPS serta memudahkan untuk pengawasan.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan bimbingan teknis bagi panitia pemilihan kecamatan (PPK) agar nantinya mampu menyajikan data pemilih yang akurat.

Ia mengatakan bahwa pihaknya terus mengintensifkan sosialisasi Pilkada 2020 kepada seluruh masyarakat di wilayah setempat.

Pemilihan bupati dan wakil bupati pada periode kali ini, kata dia, merupakan pemilihan yang penuh tantangan karena pelaksanaannya di tengah pandemi COVID-19.

Menurut dia, kondisi ini juga memunculkan tantangan dalam melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih.

"Kondisi pandemi ini tidak memungkinkan kami mengumpulkan orang. Oleh kerena itu, sosialisasi terus digencarkan dengan berbagai strategi, salah satunya melalui media sosial," katanya.
 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024