Temanggung (ANTARA) - Akademi Keperawatan (Akper) Al Kautsar Temanggung diserahkan oleh Yayasan Al Kautsar Temanggung kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah untuk mengelolanya.

Ketua PCNU Kabupaten Temanggung KH. M. Furqon di Temanggung, Minggu, mengatakan PCNU diminta untuk menjalankan manajemen perguruan tinggi tersebut agar perkembangan ke depan semakin maksimal.

Serah terima perguruan tinggi itu telah ditandatangani di depan notaris dan proses alihkelolanya mulai berjalan hingga selesai dalam tiga tahun ke depan.

Baca juga: Temanggung gelontorkan Rp464 juta pembelian benih padi untuk petani

"Pada tahun ini, kami mulai mengelola penerimaan mahasiswa baru dan manajemen pendidikan untuk mahasiswa baru. Secara legalitas telah selesai, tinggal teknisnya. Kami sekarang sedang dalam tahap rekrutmen mahasiswa baru," katanya.

Dalam pengelolaannya, PCNU membentuk tim khusus yang digawangi Yayasan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (Yaptinu), akademisi dari sejumlah perguruan tinggi, praktisi serta tokoh-tokoh terkait lainnya.

Menurut dia tim telah merampungkan sejumlah pekerjaan rumah dan tengah konsentrasi pada penerimaan mahasiswa baru (PMB).

"Konsentrasi sekarang di PMB, karena sekarang sudah milik PCNU, maka kami imbau kepada warga NU untuk mengarahkan pendidikan anaknya di Akper Al Kautsar yang minat di bidang kesehatan," kata pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayah, Prapak, Kranggan Temanggung ini.

Ketua Tim Pengelola Akper Alkautsar KH. Manshur Asnawi menjelaskan selain manajamen yang sudah ada, pihaknya akan meningkatkan kualitas dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak terkait.

Selain itu, pihaknya secara fisik juga telah menyiapkan bangunan di Gedung Babussalam Jalan Suwandi Suwardi Temanggung untuk dijadikan lokasi kampus setelah serah terima dilakukan penuh.

"Yang lama dan masih bagus tetap akan kita pertahankan untuk dijadikan ciri khas Akper Al Kautsar, sementara kita juga menerapkan pola dan metode baru yang lebih efektif. Dengan begitu maka kami berharap langkah Akper kedepannya semakin optimal," katanya.

Pada 2016 Akademi Keperawatan Al Kautsar Temanggung berhasil meraih akreditasi B dengan nomor 0835/LAM-PTKes/Akr/Dip/X/2016 dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia.

Yayasan Al Kautsar Temanggung kini lebih fokus pada pengelolaan pendidikan dasar, setelah sukses mendirikan TK dan SD Al Kautsar, mulai tahun ini mendirikan SMP Al Kautsar. 

Baca juga: RSUD Temanggung bakal miliki ruang rawat inap pasien TB-RO
Baca juga: 70 pasien COVID-19 di Temanggung dinyatakan sembuh

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024