Kudus (ANTARA) - Tingkat kepatuhan masyarakat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terhadap protokol kesehatan di tengah pandemi penyakit virus corona (COVID-19) mulai meningkat sehingga dalam waktu dekat bisa mulai diterapkan normal baru, kata Pelaksana tugas Bupati Kudus M. Hartopo

"Hingga kini, kami memang masih mempersiapkan diri menuju tatanan kehidupan baru di tengah pandemi COVID-19. Alhamdulillah tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan sudah mencapai 70-an persen," kata M. Hartopo di Kudus, Selasa.

Bentuk kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan yang bisa dilihat, kata dia, setiap aktivitas di luar rumah selalu memakai masker.

Selain itu, lanjut dia, pemkab juga sudah menyediakan tempat cuci tangan di berbagai lokasi strategis dengan harapan masyarakat mulai membiasakan diri terhadap aturan protokol kesehatan sambil beraktivitas di luar rumah.

Meskipun sudah memakai masker, kata dia, jangan mengabaikan anjuran jaga jarak fisik dengan orang lain, termasuk harus selalu rajin mencuci tangan memakai sabun untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

Dalam rangka persiapan menuju tatanan kehidupan baru, dirinya juga rutin melakukan kunjungan ke sejumlah tempat keramaian, seperti pasar tradisional untuk memastikan kepatuhan baik pedagang maupun pengunjung pasar dalam mematuhi aturan protokol kesehatan.

Untuk kawasan objek wisata di Kudus sendiri sudah mempersiapkan diri dengan melakukan simulasi pembukaan objek wisata dengan protokol kesehatan ketat.

Objek wisata yang sudah melakukan simulasi, yakni Makam Sunan Muria dan Taman Sardi.

Sejumlah lokasi yang dikunjungi, mulai dari pasar tradisional hingga objek wisata baik yang dikelola pemerintah maupun masyarakat sudah mulai mempersiapkan diri menghadapi tatanan kehidupan baru dengan menyiapkan sarana dan prasarana, mulai dari tempat cuci tangan dan petugas yang akan mengecek suhu tubuh pengunjung.

"Bagi objek wisata yang belum menyiapkan satgas COVID-19, tentunya tidak akan diberikan izin dibuka di tengah pandemi," ujarnya.

Selain objek wisatanya yang disiapkan, para pedagang di sekitar kawasan wisata juga harus diminta ikut menerapkan protokol kesehatan selama objek wisata dibuka kembali. 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024