Wonosobo (ANTARA) - Bupati Wonosobo Eko Purnomo meminta 11 pasien yang telah dinyatakan sembuh dari  COVID-19 dan boleh meninggalkan RSUD Setjonegoro Wonosobo, tetap berdisiplin menjaga diri dari potensi penularan virus Corona.

"Bapak/ibu yang hari ini telah dinyatakan negatif COVID-19 dan berhak pulang ke rumah saya ucapkan selamat dan saya minta agar tetap menjaga kesehatan," katanya di Wonosobo, Sabtu.

Meskipun telah dinyatakan negatif COVID-19, katanya, namun tetap harus menaati protokol kesehatan dengan disiplin dalam masa karantina mandiri selama 14 hari di rumah, mengenakan masker serta menjaga jarak fisik dengan menghindari kerumunan atau physical distancing.

Selain itu, Bupati Wonosobo juga berpesan agar mereka bisa menjaga asupan makanan supaya daya tahan tubuh juga semakin baik demi memantapkan kesembuhan dari paparan virus corona.

"Jangan takut untuk periksa apabila memang merasakan adanya gangguan kesehatan atau gejala-gejala lagi, karena dengan kesembuhan bapak/ibu ini, kita semua optimistis COVID-19 bisa disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang tepat," katanya.

Kepada jajaran manajemen RSUD Setjonegoro serta para tenaga medis yang selama ini berjibaku merawat pasien di ruang isolasi COVID-19, Eko Purnomo menyampaikan terima kasih serta apresiasi sepenuh hati, mengingat kerja keras mereka tanpa mengenal menyerah telah membantu pasien hingga dinyatakan sembuh dari infeksi corona.

"Jangan lengah dan selalu berhati-hati dalam penanganan COVID-19 ini, dengan tetap memperhatikan standar kelengkapan alat pelindung diri, serta asupan makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi, karena saya paham beratnya perjuangan saudara-saudara tenaga medis ini," katanya.

Direktur Utama RSUD Setjonegoro dr. Danang Sananto mengaku segenap dokter dan paramedis yang berada di garda depan perawatan pasien COVID-19 telah berupaya maksimal dalam membantu penyembuhan seluruh pasien.

"Karena itulah kami juga berpesan agar bapak/ibu yang hari ini sudah dinyatakan negatif COVID-19 dari hasil pemeriksaan swab, untuk bisa menaati arahan dari Bupati agar disipilin menjaga diri," katanya.

Ia menuturkan jajaran manajemen rumah sakit beserta para tenaga medis senantiasa berdoa seluruh pasien yang saat ini masih menjalani perawatan segera diberikan kesembuhan serta Kabupaten Wonosobo benar-benar bisa menuntaskan masa pandemi COVID-19 ini secepatnya, tidak ada lagi warga yang terpapar virus corona serta perekonomian masyarakat kembali pulih seperti sediakala. 
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024