Demak (ANTARA) - Wakil ketua MPR RI Lestari Moerdijat melalui Sahabat Lestari kembali menyalurkan bantuan di tengah pandemi Covid-19 dalam serangkaian kegiatan di Jepara, Kudus, dan Demak, Minggu (17/5).

Hal itu dilakukan sebagai bentuk nyata kepedulian Lestari, Anggota DPR RI dari Dapil 2 Jawa Tengah, dalam menghadapi wabah Covid-19 yang berdampak luas terhadap kehidupan warga.

Khoirul Anwar, Koordinator Pelaksana Sahabat Lestari, di sela kegiatan penyerahan paket buka puasa bagi paramedis di RSUD Sunan Kalijaga, Demak, Mingu (17/5), menyatakan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan peduli warga terdampak Covid yang telah dimulai Lestari atau akrab dipanggil Rerie, sejak awal merebaknya pandemi.

“Paket buka puasa ini adalah salah satu bentuk terima kasih dan dukungan untuk para tenaga medis yang sedang bertugas di baris depan melawan Covid-19. Kegiatan ini merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dari seluruh kegiatan Sahabat Lestari Peduli Covid-19,” kata Khoirul dalam keterangan tertulis.

Khoirul menambahkan melalui Sahabat Lestari, secara berkesinambungan, Rerie juga melakukan kegiatan sosialiasai dan menyalurkan sejumlah bantuan khusus sebagai upaya penanggulangan wabah Covid-19 di Jepara, Kudus, dan Demak.

Bantuan yang telah disalurkan antara lain berupa 10 ton beras bagi mereka yang membutuhkan. Selain itu, Sahabat Lestari juga melakukan sosialisai aktif sejak awal pandemi yang ditujukan untuk pencegahan Covid-19 melalui penyebaran lebih dari 30 ribu lembar flyer berisi informasi protokol penanganan Covid-19, penerbitan tulisan, sosialiasi menggunakan sosial media, iklan layanan masyarakat, hingga pemasangan spanduk panduan di beberapa titik strategis.

“Bantuan lain yang disalurkan adalah pemberian alat pelindung diri (APD)
dan hand sanitizer untuk sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 seperti RSUD Sunan Kalijaga, RSUD Dr. Loekmonohadi, RSI Sunan Kudus, RS Aisyiyah dan RS Graha Husada, Jepara,” sambung Khoirul.

Sahabat Lestari juga melakukan sosialisasi gerakan penggunaan masker, dengan membagikan 5.000 masker secara langsung ke publik, dan secara khusus kepada awak armada angkutan kendaraan umum.

Tidak sebatas itu, Sahabat Lestari juga melakukan pemberdayaan UMKM khusus disabilitas dan perempuan melalui Garnita Kudus, Jepara dan Demak dengan melakukan pemesanan masker kepada UMKM dan menyediakan bahan baku masker kelompok-kelompok perempuan.

Sejak awal pandemi, Sahabat Lestari bergerak cepat dengan langsung melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di 1.262 titik yang tersebar pada 89 desa.

“Mengingat tingkat positif Covid-19 masih terus bertambah, perjalanan melawan pandemi masih panjang. Memerlukan solidaritas bersama. Semoga kita semua diberi keselamatan dan segera beraktivitas normal kembali,” ujar Rerie dalam keterangan tertulisnya. ***

Pewarta : Zaenal
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024