Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi meninjau sejumlah gedung milik pemerintah yang rencananya untuk tempat karantina bagi pemudik.

"Kami telah meninjau sejumlah gedung yang nantinya akan disulap menjadi rumah karantina bagi pemudik yang baru tiba di daerah ini," kata Bupati Dyah Hayuning Pratiwi di Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu.

Bupati menjelaskan bahwa kelengkapan gedung menjadi perhatian utama. mulai dari listrik, air bersih, hingga tempat untuk mandi.

"Tidak semua gedung atau bangunan yang ditinjau akan dijadikan rumah karantina," katanya.

Dyah mengatakan bahwa pihaknya akan menyediakan tempat untuk tidur dan memisahkan ruangan untuk perempuan dan laki-laki.

Rencana untuk mendirikan rumah karantina tersebut, kata Bupati, merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah setempat.

"Pembuatan rumah karantina merupakan langkah yang harus dilakukan pemerintah kabupaten untuk mengantisipasi adanya pemudik sekaligus mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus positif COVID-19," katanya.

Kendati demikian, dia mengimbau warga asal kabupaten ini yang berada di perantauan untuk sementara menunda mudik guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Bagi yang telanjur mudik, saya berharap mengikuti prosedur kesehatan yang berlaku, termasuk menjalani karantina," kata Bupati.

Ia juga meminta seluruh masyarakat setempat untuk terus menjaga kesehatan dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

Bupati juga mengingatkan masyarakat di wilayah setempat untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, dia juga telah meminta seluruh jajaran untuk secara intensif menyosialisasikan pentingnya penggunaan masker kepada masyarakat dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

Ia juga mengimbau jajaran pemkab setempat hingga tingkat kecamatan dan desa untuk meningkatkan sosialisasi penggunaan masker, baik bagi mereka yang sedang sakit maupun tidak sakit.

"Yuk, pakai masker jika keluar rumah dan menjaga jarak fisik serta tidak berkerumun," kata Bupati Dyah Hayuning Pratiwi.

Baca juga: Bupati: Dua dusun di Purbalingga karantina mandiri untuk cegah COVID-19

Baca juga: Lokasi karantina pasien COVID-19 di Banjarnegara sudah disiapkan


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024