Solo (ANTARA) - Pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum menemui titik akhir berpengaruh pada penurunan penjualan kurma pada bulan Ramadan 1441 Hijriah di Kota Solo.

"Biasanya kalau awal puasa seperti ini dalam satu hari saya bisa menjual sampai 10 kardus, kalau sekarang hanya lima-delapan kardus," kata salah satu pedagang kurma Wulan di Pasar Kliwon Solo, Selasa.

Jika melihat tahun-tahun sebelumnya, puncak penjualan biasa terjadi pada awal bulan puasa, sedangkan di pertengahan dan akhir Ramadhan, penjualannya mulai menurun.

"Jadi, ada kemungkinan mulai pertengahan nanti penjualan di bawah lima-delapan kardus," katanya.

Baca juga: Biji kurma antidiabetes, harapan bagi pengidap kencing manis

Baca juga: Permintaan meningkat saat Ramadan, pedagang kurma Solo tambah stok

Menurut Wulan, penurunan penjualan tersebut diikuti dengan penurunan harga kurma. Ia berkaca pada puasa tahun lalu, ketika harga kurma Mesir turun dari Rp40.000 per kilogram menjadi Rp30.000 per kilogram.

"Kalau kurma Sukari turunnya cukup banyak, dari biasanya Rp125.000 per kilogram menjadi Rp75.000 per kilogram," katanya.

Pedagang lain, Ismail Miraldi mengatakan, jika pada bulan puasa 2019 bisa menjual kurma eceran sekitar 300--500 kilogram per hari, saat ini turun hanya menjadi 200 kilogram per hari.

"Apalagi sekarang kan tidak ada takjil, jadi turunnya cukup banyak. Apalagi untuk grosir, turunnya tambah banyak," katanya.

Ia mengatakan untuk penjualan kurma grosir biasanya terjual hingga ratusan kardus dan saat ini turun menjadi setengahnya.

"Biasanya yang beli kurma grosir ini dari luar kota, seperti Semarang, Boyolali, Klaten. Banyak juga yang dari Jogja, kan kondisi seperti ini mereka tidak berani ke Solo," katanya.

Baca juga: Begini gaya hidup sehat ala Dewi Sandra saat Ramadan

Meski demikian, menurut dia, harga jual kurma justru mengalami kenaikan harga karena keterbatasan volume impor. Ia menambahkan masing-masing jenis kurma ada kenaikan harga sekitar Rp5.000--10.000 per kilogram.

"Stok barang sedikit jadi harga naik," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024