Jepara (ANTARA) - Warga Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mendapatkan bantuan beras 1,2 ton dari anggota dewan setempat untuk mengurangi beban masyarakat menyusul terhentinya aktivitas usaha akibat pandemi virus corona.

Bantuan beras 1,2 ton tersebut dari Ketua DPRD Jepara Imam Zusdi Ghozali dan koleganya Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jepara itu, secara simbolis diserahkan Imam Zusdi Ghozali kepada Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arm Suharyanto untuk diserahkan kepada perwakilan Karang Taruna Desa Karimunjawa Agung Prasetyo dengan didampingi Babinsa Koramil 10/Karimunjawa Serka Lamadi Isa di Pelabuhan Jepara, Sabtu. 

 Imam mengungkapkan bantuan tidak hanya beras satu ton, melainkan juga empat alat semprot serta 100 kg beras dari anggota Fraksi PPP DPRD Jepara dan 100 kg dari Dinsospermasdes Kabupaten Jepara, dengan pendistribusian mendapat pengawalan Kodim 0719/Jepara.

Beras akan dibagikan kepada kaum duafa dan nelayan lima kilogram per keluarga.

"Semoga dengan bantuan tersebut dapat meringankan beban warga Karimunjawa," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Jepara pastikan tiga TKA asal China negatif virus corona

Ia mengimbau perusahaan-perusahaan di daerah itu menggalang bakti sosial melalui program tanggung jawab sosial perusahaan guna membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama di wilayah terpencil.

Apalagi, lanjut dia, kegiatan investasi di Jepara juga berjalan lancar karena dandim dan kapolres telah menjamin keamanannya, sehingga saat ini sudah menjadi tugas perusahaan untuk distribusi CSR.

Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arm Suharyanto mengungkapkan kodim setempat akan mengawal pendistribusian bantuan ke Karimunjawa.

"Pengawalan tidak hanya dalam pengiriman dengan menggunakan kapal, namun akan mengawal hingga penyalurannya kepada warga," ujarnya.

Bagi perusahaan atau pihak-pihak yang hendak menyalurkan bantuan untuk warga Karimunjawa, pihaknya siap membantu proses pendistribusian sampai sasaran.

Pandemi COVID-19 berdampak nihilnya kunjungan wisatawan ke Pulau Karimunjawa yang juga menjadi penggerak ekonomi masyarakat setempat.

Jumlah warga Kecamatan Karimunjawa diperkirakan 10.000 jiwa lebih tersebar di lima pulau, yakni Kemojan, Genting, Nyamuk, Parang, dan Karimunjawa. 

Baca juga: PDP COVID asal Jepara dirawat di RS Mardi Rahayu Kudus meninggal
Baca juga: Stok pangan di Pulau Karimun Jawa dipastikan cukup

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024