Magelang (ANTARA) - Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang, Jawa Tengah menggelar sosialisasi kompetisi robot terbang tingkat SMP dan sederajat se-wilayah Kota itu sebagai tahap awal ajang tersebut yang bakal dilaksanakan pada 17 Maret 2020.

Baca juga: 213 Peserta Ikuti Kontes Robot Terbang UGM

Kepala Bidang Harmonisasi dan Inovasi Balitbang Kota Magelang Catur Adi Subagyo dalam keterangan tertulis di Magelang, Selasa, mengatakan kegiatan di Aula eks-Keresidenan Kedu di Kota Magelang itu, diikuti 108 orang, terdiri atas siswa dan guru pendamping SMP se-wilayah setempat.

Melalui sosialisasi itu, ujar dia, peserta mendapat motivasi, penjelasan teknis tentang administrasi lomba, pembuatan roket, dan penjurian lomba.

Ia mengatakan kompetisi robot terbang merupakan kerja sama Balitbang Kota Magelang dan Micro Drone Racing Indonesia (MDRI) Yogyakarta, IST Akprind Yogyakarta, dan Bidang Taman Pintar Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Kegiatan tahunan itu, ucapnya, untuk menumbuhkembangkan budaya ilmu pengetahuan dan tekhnologi bagi masyarakat, khususnya pelajar, terhadap sains melalui imajinasi, percobaan, dan permainan yang menyenangkan.

"Kami ingin mengenalkan lebih dini sains dan teknologi dalam bidang kedirgantaraan dan antariksa, lalu memacu kreativitas dan minat bakat siswa tentang dunia roket melalui perakitan dan penerbangan 'micro drone'," katanya.

Setelah sosialisasi itu, tahapan selanjutnya adalah lokakarya pada 25 Februari 2020 di Golf and Country Club Magelang, dan kompetisi yang dijadwalkan pada 17 Maret 2020 di GOR Samapta Magelang.

Kepala Balitbang Kota Magelang Arif Barata Sakti mengatakan kompetisi robot terbang ajang membangkitkan "space-mindedness" pada teknologi kedirgantaraan.

"Kompetisi ini merupakan ajang krativitas di bidang kedirgantaraan, di mana 'micro drone' digunakan sebagai salah satu medianya," ujarnya.

Arif berharap, ke depan terbentuk ekosistem inovasi dan muncul inovator-inovator muda di Kota Magelang. (hms).

Baca juga: Robot Karya Telkom University Memenangi Kontes Robot Terbang

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024