Solo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta, Jawa Tengah, membuka masukan dan tanggapan masyarakat terkait rekrutmen calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Wali Kota dan Wakil wali Kota Surakarta 2020 yang dibuka sejak 28 Januari hingga 5 Maret.

Ketua KPU Surakarta, Nurul Sutarti, di Solo, Senin, mengatakan soal seleksi calon anggota PPK, masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapannya terhadap nama-nama peserta calon anggota dalam penyelenggaraan Pilwalkot 2020 sesuai ketentuan.

Menurut Nurul, masukan dan tanggapan masyarakat tersebut disampaikan dalam bentuk tertulis disertai dengan identitas yang jelas ditujukkan kepada Ketua KPU Kota Surakarta serta dapat melalui email kpu.surakarta@gmail.com atau langsung maupun melalui pos ke alamat KPU Kota Surakarta Jalan Kahuripan Utara No.23 Sumber Banjarsari, Surakarta.

Baca juga: Terbukti anggota parpol, peserta seleksi PPK dicoret

"Kami akan menindaklanjuti jika ada masukan atau tanggapan masyarakat soal nama-nama calon anggota PPK. Namun, surat tanggapan juga disertai bukti-buktinya," katanya.

Nurul mengatakan rekrutmen calon anggota PPK Pilwalkot Surakarta telah selesai pelaksanaan seleksi ujian tertulis yang digelar di Hotel Dana Solo, pada Kamis (30/1). Dari 97 peserta yang mengikuti ujian tertulis akan diranking diambil 10 peserta setiap kecamatan. Kota Surakarta ada lima kecamatan yakni Laweyan, Banjarsari, Serengan, Pasar Kliwon, dan Jebres.

"Hasil peserta calon anggota PPK yang lolos seleksi ujian tertulis diumumkan, Senin ini. Ada 50 peserta yang bakal melanjutkan tahap berikutnya yakni wawancara," katanya.

50 calon anggota PPK yang lolos seleksi ujian tertulis tersebut akan memasuki seleksi tahap ketiga wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 8-10 Februari mendatang.

Namun, calon anggota PPK yang lolos seleksi ujian tertulis tersebut disampaikan ke masyarakat terlebih dahulu untuk meminta tanggapan dan masukan untuk KPU.

Tanggap kedua juga akan disampaikan hasil seleksi wawancara kemudian dirampingkan menjadi 25 peserta.

"Jika ada masukan atau tanggapan masyarakat soal hasil seleksi calon anggota PPK yang lolos, KPU nanti akan membahas dalam rapat pleno sebelum peserta dilantik pada 29 Februari mendatang," katanya.

Baca juga: Ratusan calon anggota PPK Kota Semarang ujian CAT
Baca juga: Pendaftar PPK direkomendasikan dicoret oleh Bawaslu Kabupaten Pekalongan

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024