Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya berpeluang hujan pada Selasa (28/1) sore.

"Banjarnegara berpeluang hujan lebat yang bersifat merata di hampir seluruh kecamatan yang ada di wilayah setempat pada Selasa (28/1) esok hari," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Senin.

Dia mengatakan terkait dengan potensi hujan lebat maka BMKG kembali mengingatkan seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Waspadai intensitas hujan yang tinggi, waspadai kemungkinan bencana longsor dan angin kencang serta waspadai kemungkinan jalan yang licin yang bisa dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi yang lama," katanya.

Dia menambahkan saat ini masih ada pengaruh siklonik di sekitar Samudera Hindia selatan Lampung yang diprakirakan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin.

Hal tersebut, kata dia, menjadi salah satu penyebab peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat.

Pihaknya terus mengintensifkan sosialisasi mengenai prakiraan cuaca kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat di wilayah setempat.

"Kami terus mengintensifkan sosialisasi mengenai prakiraan cuaca ke berbagai pihak, termasuk ke BPBD Banjarnegara dan BPBD sekitar," katanya.

Tujuannya, kata dia, mendukung kesiapsiagaan dan pengurangan risiko atau mitigasi bencana di wilayah setempat.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," katanya.

Baca juga: BMKG: Warga Banjarnegara diminta waspadai hujan disertai petir
Baca juga: Banjarnegara hujan saat tahun baru Imlek


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024