Semarang (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat selama masa libur antara 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 trafik data khusus di Jateng dan DIY mencapai 108 persen dibanding periode yang sama tahun lalu dan sekitar 39 persen dibandingkan trafik di hari normal.

Group Head Central Region XL Axiata Rd. Sofia Purbayanti mengatakan layanan data game menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya diikuti oleh Web Browsing dan Streaming.
 
“Selain menjadi tujuan wisata selama libur Natal dan Tahun Baru, Jawa Tengah juga menjadi jalur perlintasan bagi masyarakat yang hendak menuju Jawa Timur. Sesuai dengan perkiraan sebelum libur panjang, beberapa area yang mengalami kenaikan trafik data adalah beberapa kota besar antara lain Semarang, Tegal, Solo, Purwokerto, dan Yogyakarta, yang naik antara 12 persen hingga 35 persen," katanya.

Sofia menambahkan kenaikan trafik data pun juga terlihat di sepanjang tol Trans Jawa yang menghubungkan beberapa kota besar di Jawa Tengah mulai Brebes hingga Semarang, Solo dan Sragen, yaitu rata-rata sekitar 53 persen.

Selain itu, lanjutnya, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Adi Soemarmo, serta sejumlah stasiun kereta utama, kawasan pantai-pantai di Gunung Kidul, Candi Prambanan, dan Kaliurang, serta kawasan Malioboro yang padat wisatawan sepanjang hari dan terutama di malam tahun baru memberikan kontribusi kepadatan trafik

Menurut Sofia hal yang paling utama adalah mampu melalui masa liburan dengan lonjakan trafik dengan performa jaringan yang baik dan lancar, sehingga pelanggan nyaman.

Secara nasional, sepanjang liburan akhir tahun 2019 trafik data juga ada peningkatan sebesar 14 persen dibandingkan trafik di hari normal atau lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu yang mencapai 38 persen, kenaikan rata-rata trafik data khusus saat Natal sebesar 9 persen dibandingkan hari biasa, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 21 persen, sedangkan saat malam tahun baru, kenaikan trafik rata-rata sebesar 14 persen dan dan tertinggi 77 persen.
 
Tiga area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi antara 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 adalah Kab. Malang sebesar 26 persen, Kab. Cianjur 26 persen, dan Kab. Banyuwangi 25 persen, sementara saat Natal, 24-25 Desember 2018, trafik di wilayah dengan komunitas Nasrani seperti Medan dan sekitarnya mengalami peningkatan trafik sebesar 10 persen, Manado 18 persen, dan Kupang 21persen.  

Sementara itu, trafik data di area Jabodetabek yang ditinggalkan banyak warganya selama periode liburan ini mengalami penurunan sekitar 5 persen dibanding hari normal.
 
Jenis layanan data yang paling banyak digunakan Youtube yang mengalami lonjakan trafik hingga  80 persen dibandingkan hari biasa, Whatsapp sebesar 30 persen, Mobile Legend 26 persen, dan Instagram 10 persen.  

Untuk memastikan jaringan benar-benar aman, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 BTS yang mengcover area atau wilayah-wilayah yang kemungkinan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan tahun baru.

Ada pula penempatan sekitar 30 Mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatera, Jakarta, pusat Kota Bandung serta di jalur tol trans Jawa dan pengaturan trafik internet upstream arah ke Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.
 
Saat ini XL Axiata melayani sebanyak 55,5 juta pelanggan dan didukung dengan lebih dari 129.261 BTS termasuk lebih dari 53.000 BTS 3G dan lebih dari 39.000 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas dan saat ini sudah mencapai lebih dari 410 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024