Peristiwa (ANTARA) - PT PLN (Persero) terpaksa melakukan pemadaman sejumlah daerah yang terdampak banjir demi keselamatan warga agar terhindar dari bahaya arus listrik.

"Kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik," kata Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka.

I Made Suprateka menjelaskan hingga pukul 16.00 WIB dari 23.700 gardu distribusi yang ada di Jabodetabek sebanyak 3.100 gardu distribusi di antaranya dipadamkan sementara.

Untuk DKI Jakarta, sejumlah daerah yang dipadamkan di antaranya meliputi Karet Pasar Baru Barat dsk, Kedoya Utara, Tanjung Duren, Pancoran, Pejaten Timur, Jati Petamburan, Perum Billy Moon 3 Pondok Kelapa, Jl Kebon Jeruk Raya, Komplek Jati Bening, Jl Raya Daan Mogot Kalideres, Jl Swadarma Raya.

Kemudian daerah Jl Pos Pengumben, Jl Sektor Ciledug, Jl Bangka Kemang, Duta Indah Square, Perum Taman Bougenville, Jl Raya Daan Mogot, Perum Taman Wiana Jatibening, Perum Pinewood Wibawamukti, Kapuk, Joglo, Ciledug, Tanah Tinggi, Duri Kosambi, Kemanggisan, Kembangan, Jagakarsa, Jatiasih, Petamburan, Karet, dan Tanjung Duren.

Untuk wilayah Jawa Barat, daerah terdampak pemadaman di antaranya sebagian Bekasi, GPI, Cikarang, Bogor, GPI, dan Karawang.

Sementara untuk wilayah Banten, dari total 14.000 gardu distribusi sebanyak 228 gardu distribusi yang ada di wilayah kerja PLN UID Banten juga terpaksa dipadamkan untuk keamanan warga.

I Made Suprateka menambahkan PLN telah mengimbau kepada masyarakat apabila wilayahnya mulai tergenang air maka yang perlu dilakukan adalah:
1. mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB),
2. mencabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak,
3. menaikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman,
4. apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile atau Kantor PLN terdekat meminta untuk dipadamkan.

Baca juga: PLN pastikan keamanan pasokan listrik jelang 2020

Setelah banjir surut, tambah I Made Suprateka, masyarakat diimbau memastikan terlebih dahulu semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering.

"PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik," tutup I Made Suprateka.

Baca juga: Cuaca jadi tantangan PLN dalam siaga Natal dan Tahun Baru 2020
Baca juga: PLN sambung listrik gratis untuk warga kurang mampu

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024