Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga dua hari ke depan.

"Masih ada potensi hujan dengan intensitas sedang, hingga dua hari ke depan, khususnya pada sore hari," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Jumat.

Dia menjelaskan potensi hujan terdapat di seluruh kecamatan di Banjarnegara mulai dari Banjarmangu hingga Wanayasa.

Berdasarkan prakiraan BMKG pada dasarian tiga November hingga dasarian satu Desember wilayah Jawa Tengah berpeluang hujan dalam kriteria menengah yakni 51 hingga 75 milimeter per dasarian.

"Kecuali Kabupaten Jepara, sebagian besar Wonogiri, sebagian Kabupaten Cilacap, Kebumen, Kudus, Pati, Rembang dan Pemalang dan juga wilayah selatan Purworejo dan Klaten, lalu sebagian kecil Brebes dalam kriteria Rendah yakni 21-50 milimeter per dasarian," katanya.

Sebagian Batang, Kendal, Temanggung, Wonosobo, dan Magelang, dan sebagian kecil Purworejo dalam kriteria menengah yakni 76-100 milimeter per dasarian.

BMKG kembali mengingatkan masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan mengingat hujan dengan durasi yang panjang dikhawatirkan dapat memicu tanah longsor.

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tengah meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan bencana saat musim hujan.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara telah melakukan rapat koordinasi terkait dengan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan yang dihadiri sejumlah instansi terkait.

Dalam rapat tersebut, Sekretaris Daerah Banjarnegara Indarto meminta semua pihak mewaspadai potensi ancaman bencana pada musim peralihan hingga puncak musim hujan mendatang.

Indarto meminta seluruh pihak untuk mewaspadai ancaman bencana, seperti longsor, banjir, dan angin kencang.

"Waspadai ancaman bencana pada musim peralihan hingga puncak musim hujan, terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana," katanya.

Baca juga: BPBD kembali imbau warga Banjarnegara waspadai longsor
Baca juga: Lima kecamatan rawan longsor di Banjarnegara terus dipantau


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024