Semarang (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV Area Jateng dan DIY meraih rekor MURI atas inovasinya dalam memberikan layanan kesehatan bagi pekerja di lingkungan Pertamina MOR IV melalui aplikasi berbasis mobile Mydoctor Pertamina.

"Kami mendapatkan award dari MURI, karena aplikasi Mydoctor Pertamina sebagai aplikasi kesehatan pekerja melalui mobile phone pertama di lingkungan perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang minyak dan gas," kata General Manager Pertamina MOR IV Iin Febrian, Jumat.

Penyerahan rekor MURI diserahkan oleh Senior Manager MURI Sri Widayati di sela kegiatan Healthy Talk Bincang-bincang Menarik (BBM) di Kantor Pertamina MOR IV, Semarang.

Baca juga: TBBM Boyolali dijadikan proyek percontohan penggunaan B30

Penyediaan aplikasi Mydoctor Pertamina sebagai layanan kesehatan, lanjut Iin diharapkan menjadi solusi bagi para pekerja untuk meningkatkan kesehatan para pekerja dan mitra Pertamina, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Iin mengakui tantangan perusahaan minyak dan gas seperti Pertamina adalah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin pekerja secara berkala yang sulit dilakukan karena dinamika pekerjaan yang intensitasnya tinggi. 

"Kesibukan pekerja terutama yang bertugas di lapangan membuat mereka sulit meluangkan waktu untuk bertemu dokter yang berada di klinik atau pos kesehatan setempat. Oleh sebab itu, dengan Mydoctor Pertamina menjadi solusinya," kata Iin.

Iin berharap seluruh pekerja dan mitra Pertamina dapat terus memanfaatkan aplikasi Mydoctor Pertamina, sehingga terjaga keberlangsungannya.

Area Manager Medical MOR IV dr Sari Kusumaninggar menambahkan dengan tagline Bring Doctor In Your Hand, aplikasi Mydoctor Pertamina memiliki fitur utama berupa online consultation dengan dokter perusahaan dan emergency services atau jasa pelayanan darurat. 

Selain itu, tambah Sari, terdapat beberapa fitur tambahan seperti informasi kesehatan, kalkulator untuk memprediksi kemungkinan penyakit kardiovaskuler, kalkulator BMI, informasi benefit kesehatan, serta fitur relaksasi yang berisi humor-humor ringan untuk melepas stres.

Unit Manager Comm & CSR MOR IV Anna Yudhiastuti menambahkan bahwa penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi Pertamina untuk terus menjaga dan meningkatkan kesehatan pekerjanya. 

"Harapan besar kami tentunya program atau aplikasi seperti ini dapat disebarluaskan ke perusahaan lain dalam rangka mendukung nawacita nasional yaitu meningkatnya kualitas hidup manusia di Indonesia dapat terwujud," kata Anna.

Baca juga: Begini sikap Ahok tanggapi penolakan pimpin Pertamina
Baca juga: Pekerja Pertamina berbagi pengetahuan bersama siswa SLBN Boyolali

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024