Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, berpotensi hujan dengan intensitas sedang pada Selasa (12/11) sore.

"Ada potensi hujan dengan intensitas sedang dengan durasi yang cukup panjang pada Selasa sore hingga awal malam hari," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi di Banjarnegara, Senin.

Dia mengatakan potensi hujan terdapat di hampir seluruh kecamatan yang ada, kecuali Kecamatan Mandiraja dan Susukan. Kecamatan Mandiraja dan juga Susukan diprakirakan berawan.

Sementara itu, dia juga menambahkan bahwa pada saat ini Kabupaten Banjarnegara tengah memasuki awal musim hujan.

BMKG juga memprakirakan bahwa puncak musim hujan di Banjarnegara akan berlangsung pada bulan Januari 2020 mendatang.

"Puncak musim hujan diprakirakan berlangsung pada bulan Januari 2020 untuk itu masyarakat diminta mewaspadai cuaca ekstrem mendekati puncak musim hujan nantinya," katanya.

Baca juga: Tiga badai pengaruhi cuaca di wilayah Jateng bagian selatan

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arief Rahman mengimbau masyarakat di wilayah setempat untuk mewaspadai bencana tanah longsor menyusul mulai tingginya curah hujan di wilayah setempat.

"Waspada bencana longsor dan tanah bergerak khususnya bagi warga yang tinggal di wilayah rawan bencana tanah longsor," katanya.

Dia juga meminta warga untuk segera melaporkan kepada BPBD Banjarnegara jika menjumpai adanya rekahan tanah di wilayahnya masing-masing.

"BPBD Banjarnegara terus meningkatkan kesiapsiagaan menyusul mulai tingginya curah hujan di wilayah setempat," katanya.

Sebelumnya, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono juga mengingatkan warga setempat untuk mewaspadai bencana tanah longsor.

"Bagi warga yang rumahnya berada didekat tebing diimbau untuk bisa mengungsi atau menempati lokasi yang lebih aman terutama saat terjadi hujan deras," katanya.

Baca juga: Saatnya menyambut datangnya hujan


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024