Purwokerto (ANTARA) - Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah mengakhiri pelaksanaan kegiatan Operasi Mantap Brata Candi 2019 yang digelar dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum 2019, kata Kepala Polres Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Yudhantara Salamun.

"Kami hari ini menggelar Apel Konsolidasi Operasi Mantap Brata Candi 2019. Ini adalah sebagai suatu tanda bahwa Operasi Mantap Brata dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 sudah selesai dilaksanakan, jadi kita tutup dengan apel konsolidasi," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu.

Kapolres mengatakan hal itu kepada wartawan usai Apel Konsolidasi Operasi Mantap Brata Candi 2019 di Lapangan Kompi Brimob 3 Batalyon B Pelopor, Purwokerto, Banyumas.

Baca juga: Sukses pemilu, Bupati Batang apresiasi pengamanan Polri/TNI

Menurut dia, apel konsolidasi tersebut diikuti oleh seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pemilu 2019 seperti TNI/Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, Perlindungan Masyarakat, dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Rycko Amelza Dahniel dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kapolres Banyumas mengatakan apel konsolidasi merupakan bagian dari proses manajerial yang penting untuk kita dilakukan dalam rangka mengevaluasi seluruh kegiatan.

"Sekaligus menutup rangkaian pengamanan pemilu yang telah dilaksanakan selama 296 hari dalam Operasi Mantap Brata Tahun 2019," katanya.

Menurut dia, perhelatan akbar pesta demokrasi dalam agenda nasional lima tahunan berupa penyelenggaraan Pemilu 2019 telah diakhiri dengan sukses dan lancar.

"Kita patut bersyukur bahwa Polri sebagai salah satu pilar penyangga demokrasi bersama dengan TNI dan segenap elemen masyarakat lainnya, telah mampu melaksanakan demokrasi dengan baik," katanya.

Ia mengatakan sejarah telah mencatat momentum keberhasilan yang telah dipersembahkan untuk bangsa dan negara dalam menjaga dan mengawal seluruh proses Pemilu 2019 serta mengantarkan kehidupan demokrasi yang paripurna.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda mengatakan bahwa dalam waktu dekat ada agenda penting tahunan yang menjadi tanggung jawab bersama, yakni pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Untuk itu, persiapkan seluruh perencanaan operasi secara matang sehingga dapat memperoleh hasil maksimal sebagaimana yang kita harapkan," katanya.

Baca juga: Puluhan pelanggar lalu lintas di Purwokerto sidang di tempat
Baca juga: Polisi selidiki penemuan mayat perempuan tanpa busana di Sungai Serayu

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024