Magelang (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Gunung Tidar Kota Magelang mendorong masyarakat luas melakukan aksi penanaman berbagai bibit pepohonan di gunung yang terletak di tengah kota itu, untuk mendukung kelestarian lingkungan alam.

Kepala UPT Gunung Tidar Kota Magelang Agus Suprijanto di Magelang, Jumat, mengatakan penanaman bibit pohon di gunung itu juga bermanfaat semakin memperkenalkan keberadaan gunung tersebut kepada masyarakat luas.

"Dapat memperkenalkan keberadaan dan apa saja yang ada di Gunung Tidar, khususnya bagi masyarakat Magelang," katanya .

Ia mengatakan hal itu saat penanaman berbagai bibit pohon buah-buahan oleh karyawan Grand Artos Hotel & Convention di perbatasan Kota dan Kabupaten Magelang di Gunung Tidar tersebut.

"Kegiatan ini juga merupakan sumbangsih untuk menambah oksigen Kota Magelang. Selain dapat berolahraga di Gunung Tidar, kami juga membuka kesempatan bagi masyarakat pada umumnya yang ingin menyumbangkan atau menanam pohon di kawasan Gunung Tidar yang tidak lain sebagai bentuk kepedulian terhadap wilayah sekitar," katanya. 

Ia menyatakan pentingnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar.

Sedikitnya 100 bibit pohon buah-buahan secara simbolis diserahkan manajeman Grand Artos Hotel & Convention kepada Kepala UPT Gunung Tidar Agus Suprijanto untuk ditanam di gunung tersebut.

General Manager Grand Artos Hotel & Convention Ilus Ruswati mengatakan kegiatan yang diikuti karyawan perusahaan itu salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, khususnya terhadap kepedulian lingkungan dan wisata di Magelang, salah satunya Gunung Tidar.

Gunung Tidar merupakan ikon Kota Magelang yang memiliki pesona cukup besar bagi masyarakat, terutama sektor penghijauan.

Ia menyebutkan 100 bibit buah yang diserahkan, antara lain, mangga, jambu, rambutan, kelengkeng, dan sawo.

Dipilihnya tanaman buah, kata dia, selain menambah varian pohon yang sudah ada, juga agar tanaman tersebut kelak tumbuh dan berbuah sehingga bermanfaat untuk kelangsungan hidup satwa di kawasan tersebut.

Selain menyerahkan dan menanam pohon, karyawan Hotel Grand Artos juga melakukan aksi peduli kebersihan lingkungan dengan memungut sampah di pucak Gunung Tidar dan sekitarnya.

Baca juga: Ratusan siswa Tarakanita Kota Magelang tanam pohon di Gunung Tidar

Ia berharap penanaman bibit pohon buah tersebut semakin menghijaukan Kota Magelang, khususnya Gunung Tidar, serta membantu mengurangi polusi udara di kota itu.

"Semoga kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda tahunan dari hotel kami sebagai wujud kepedulian terhadap warisan budaya maupun wisata dan lingkungan sekitar," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Abu Dhabi tanam pohon di Istana Bogor
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024