Semarang (ANTARA) - Dewan juri Diplomat Success Challenge (DSC|X) ke-10 tahun 2019 yang digagas oleh Wismilak Foundation telah memilih masing-masing 10 peserta yang lolos seleksi di regional Semarang dan Jakarta.

10 peserta yang lolos Regional Selection di Semarang pada 21 September 2019 adalah E-Paving, Indofishery, Nyayur.id, Lindungi Hutan, SAPARO, AGROZONE, Willsound, Iwoodys.com, Psikologi Nusantara, dan Mie Tek Tek Instant.

Kemudian, 10 peserta yang lolos Regional Selection di Jakarta pada 26 September 2019 adalah Cocolicious, SURI The Goods, GreatEdu, Klikpinjam.com, Hyclee.id, OKE Garden, Padison, LaMadre Food Indonesia, Fly Artor, dan Upself.

Menurut Yoga Muda Aditya selaku juri DSC|X untuk Regional Selection Semarang, acara DSC|X sangat menarik dan banyak peserta yang sudah berpengalaman, tapi banyak juga pendatang baru yang memiliki ide-ide baru yang tak kalah menarik.

Menurut dia, dari 10 peserta yang lolos Regional Selection di Semarang yang menarik adalah E-Paving atau Environment Paving karena memiliki ide untuk menggunakan bahan limbah plastik yang dicetak dengan menggunakan mesin hidrolik sehingga menghasilkan paving blok.

Selain Yoga, beberapa tokoh juga bergabung dalam dewan juri DSC|X untuk Regional Selection Semarang, yaitu Krida Pandu (CTO Crocodic), Masas Dani (Founder MTARGET), dan Muhamy Akbar (Founder Dijimedia).

Sementara itu, Irfan Goldfather selaku juri DSC|X untuk Regional Selection Jakarta, menjelaskan para peserta yang mengikuti acara DSC|X memiliki bisnis yang sangat bagus, tetapi terkendala dari para peserta yang kurang memahami cara mengelola bisnis.

Dari 10 peserta yang lolos, menurut dia, yang menarik adalah Klikpinjam.com dan Hyclee.id karena memiliki pemahaman strategi bisnis yang memiliki solusi yang dapat digunakan 10 tahun kedepan, ujar Irfan yang juga owner Gold.inc.

Dia pun berharap, kedepannya, banyak para peserta Jakarta terutama brand-brand lokal yang dapat mengikuti acara semenarik DSC|X ini.

 

Adapun selain Irfan Goldfather, dewan juri DSC|X untuk Regional Selection Jakarta juga diisi oleh sejumlah tokoh, yakni Kukuh Roxa (CEO Pandawa Agri), Rizky Ramadhan (Manager Block 71), dan Rieke Caroline (CEO Kontrakhukum.com).

Sebelumnya, DSC|X juga telah merampungkan Regional Selection di Surabaya pada 14 September 2019 dan Yogyakarta pada 17 September 2019.
Dewan juri telah memilih masing-masing 10 peserta yang lolos seleksi tersebut.

Sebanyak 10 peserta yang lolos Regional Selection di Surabaya adalah Tama Lobster, REXIC, PARERA, Kirinyuh Center, Digital Lontar Nusantara, Weedo.id, IniTempe, Kuy.id, Apel Celup, dan Letsplay.id.

Sedangkan 10 peserta yang lolos Regional Selection di Yogyakarta adalah Sweet Sundae, LaRisso, SPD Speedometer, Kerang Sang Raja, Astrobike, Hollicious, Bear Wang Apparel, Tekat Indonesia, Beehive Agriculture, dan Asdosku.

Sementara itu, pada 1 Oktober 2019, DSC|X menggelar Regional Selection di Bandung. Setelah itu, 100 proposal terbaik akan kembali diuji di babak National Selection di Jakarta dan Surabaya pada awal hingga pertengahan Oktober 2019.

Sebanyak 20 finalis yang dihasilkan dari babak tersebut berhak maju dan mempersiapkan dirinya di ajang Incubation Session.

Incubation Session adalah fase pembekalan pengetahuan dan pendalaman kepada peserta yang lolos National Selection.

Sesuai rencana, Incubation Session akan berlangsung di Jakarta pada akhir Oktober 2019, sebelum tampil di Final Day yang akan digelar di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, pada 16-17 November 2019.

Seperti diketahui, ajang DSC|X ini berhasil meraih antusiasme tinggi dari para wirausahawan muda nasional sejak dibuka pendaftarannya secara online pada 15 Mei hingga batas waktu penyerahan proposal pada 17 Agustus 2019.

Dewan Komite DSC|X menerima sebanyak 12.500 proposal bisnis rintisan dengan dominasi kaum milenial dalam kompetisi kewirausahaan itu begitu kuat, karena sekitar 80 peserta peserta berasal dari rentang umur 20-35 tahun.

Sementara itu, daerah asal peserta masih didominasi oleh Pulau Jawa dan Sumatera, dimana porsinya mencapai 90 peserta.
Dari seluruh proposal yang masuk tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam 7 kategori bisnis, yaitu Agrobisnis, Food & Beverage, Kriya & Fashion, Startup Digital, Teknologi Terapan, Services, dan kategori lain-lain.

Ajang DSC|X yang penyelenggaraannya berkolaborasi dengan Coworking Indonesia sebagai strategic partner ini memberikan edukasi, bimbingan dan pendampingan, serta kesempatan untuk berjejaring dan berkolaborasi dengan sesama peserta.

Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024