Purwokerto (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kabupaten Banyumas mematangkan persiapan untuk menyambut jamaah haji, yang dijadwalkan tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali mulai 7 September 2019.

"Seperti tahun sebelumnya, panitia daerah menurut rencana akan menjemput jamaah haji asal Banyumas setibanya di Asrama Haji Donohudan Boyolali," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Banyumas Purwanto Hendro Puspito di Purwokerto, Jumat.

Panitia daerah, menurut dia, akan berangkat menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali pada 6 September.

"Tim teknis berangkat ke lokasi pada 6 September 2019 sementara petugas bus akan berangkat ke lokasi penjemputan pada 7 September," katanya.

Baca juga: Pascapemulangan, kesehatan jamaah haji Banyumas terus dipantau hingga 14 hari

Purwanto menjelaskan, PPIH akan menyiapkan mobil ambulans dan tenaga medis serta mobil untuk petugas pengawal dan rombongan penjemput jamaah haji.

Jamaah haji asal Banyumas yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 67, 68, dan 69 dijadwalkan mendarat di Bandara Adi Soemarmo pada 7 September, disusul jamaah dalam Kloter 70 pada 8 September.

"Sementara itu jamaah haji yang tergabung dalam Kloter 96 akan mendarat di Indonesia pada 15 September," kata Purwanto.

Informasi mengenai jadwal kepulangan jamaah haji, tata cara penjemputan dan pengambilan koper, serta informasi lain terkait pemulangan jamaah haji, menurut dia, sudah disosialisasikan kepada keluarga jamaah di Kabupaten Banyumas.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Banyumas juga terus melakukan koordinasi dengan petugas yang berada di Tanah Suci guna memantau perkembangan kondisi jamaah haji.
 
"Alhamdulillah jamaah haji Banyumas dalam kondisi sehat dan siap untuk kembali ke Tanah Air," katanya.

Baca juga: 12.915 haji dipulangkan melalui Debarkasi Surakarta
Baca juga: Bertambah satu, jamaah haji Debarkasi Surakarta meninggal menjadi 46 orang


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024