Jakarta (ANTARA) - Pebalap rookie Fabio Quartararo dari tim Petronas Yamaha SRT kembali menunjukkan kecepatannya usai memuncaki sesi latihan bebas FP2 GP Ceko, di Sirkuit Brno, Jumat.

Di sesi latihan pagi, FP1, pebalap asal Prancis itu tak mampu menembus waktu 10 besar setelah bercokol di peringkat 18. Namun di sesi siang, El Diablo memperbaiki catatan waktunya dan menjadi yang tercepat dengan 1 menit 55,802 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Pemuncak klasemen, Marc Marquez dari Repsol Honda kembali tergeser ke peringkat dua dengan selisih tipis 0,023 detik,

Baca juga:Pulih cedera lengan dan bahu, Quartararo siap tempur di Brno

Baca juga:Menuju GP Republik Ceko, jalan terjal bagi Dovizioso

Pebalap Pramac Racing Jack Miller dan Andera Dovizioso (Ducati) mencetak waktu yang sama untuk berada di peringkat tiga dan empat. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) mendapati dirinya di peringkat lima kali ini, setelah di FP1 berada di peringkat tiga.

Namun, kesialan menimpa rekan satu timnya, Valentino Rossi, yang harus membawa masuk motor M1-nya ke garasi pada 20 menit terakhir sesi karena mengalami kendala mekanis.

Danilo Petrucci (Ducati), juara GP Ceko 2016 Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) dan Quartararo saat itu berada di luar peringkat 10 besar.

Di 10 menit terakhir Marquez masih memuncaki peringkat pebalap hanya untuk mendapati Quartararo yang 1,7 detik lebih cepat dari waktu putaran terakhirnya untuk meloncat dari P17 ke puncak menggeser Marquez.

Pebalap berusia 20 tahun itu bertahan di pimpinan hingga sesi usai dengan Crutchlow, Rossi dan Petrucci bertahan di dalam peringkat 10 besar waktu kombinasi untuk tempat sementara lolos ke Q2.

Rossi mampu mengatasi masalah mekanisnya untuk finis ke sembilan, satu peringkat lebih baik dari hasilnya di FP1.

Alex Rins menjadi pebalap Suzuki tercepat di peringkat enam, diikuti oleh Franco Morbidelli (Petronas Yamaha). Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) terjatuh di FP2 namun tidak mengalami cedera.

10 besar waktu tercepat dari kombinasi latihan

1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 1:55,802
2. Marc Marquez (Repsol Honda Team) +0,023
3. Jack Miller (Pramac Racing) +0,269
4. Andrea Dovizioso (Ducati Team) +0,269
5. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) 0,282
6. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) +0,423
7. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) +0,617
8. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) +0,641
9. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) +0,725
10. Danilo Petrucci (Ducati Team) +0,791


Baca juga:Ungguli Marquez, Dovizioso tercepat di FP1 GP Ceko
 

Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024