Solo (ANTARA) - Ratusan petembak dari berbagai daerah di Indonesia bakal bersaing mengikuti kejuaraan tembak terbuka IPSC Level III merebutkan Piala Danjen Kopassus Cup Open Championship 2019 di Lapangan Tembak Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Surakarta pada  6-7 Juli mendatang.

Komandan Grup 2 Kopassus Letkol Inf Aulia Dwi Nasrullah, di Surakarta, Rabu, mengatakan Grup 2 Kopassus menggelar kegiatan perlombaan menembak IPSC Level III dalam rangka HUT ke-67 Kopassus yang bekerja sama dengan Pengprov Perbakin Jawa Tengah dan Kiky Shooting Club (KSC), dan Solo Speed Shooter.

Menurut Aulia, kejuaraan tersebut merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun yang banyak diikuti petembak-petembak nasional dan internasional, bersamaan HUT Kopassus dengan merebutkan Piala Danjen Kopassus.

Aulia mengatakan lombak menembak IPSC Levil III ini, merupakan event internasional dengan target jumlah peserta mencapai sekitar 400 hingga 500 petembak dari seluruh Indonesia. Realisasi peserta yang sudah mendaftarkan diri melalui online sebanyak 150 penembak.

Namun, jumlah peserta yang sudah mendaftar tersebut ada kemungkinan masih bisa bertambah, karena para atlet sering mendaftarkan diri menjelang lomba sebagai peserta susulan.

Nomor yang akan diperlombakan antara lain pistol tembak Reaksi IPSC Level III, Tembak Reaksi Non IPSC, Tembak Reaksi Airsoft dan Senapan ada juga dengan jarak 100 meter, 300 meter, dan 600 meter.

Baca juga: Eks Danjen Kopassus dilaporkan ke Bareskrim dengan dugaan makar

"Kami tahun sebelumnya juga melombakan materi air soft gun dengan materi pistol senapan 100 meter. Tahun ini, yang baru bakal pertama kali dilombakan ada materi siluet angin di outdoor, jarak 600 meter senapan, dan sniper," katanya.

Pada nomor tembak reaksi Airsfot (AA-IPSC) 6 stage, kategori yang dilombakan yakni Pistol GBB Standard, GBB Open, Pistol GBB Production, Rifle (PCC) AEG/GBBR, Non AA Sertifikasi Pistol BGG, dan Non AA Setifikasi Rifle (PCC).

Pada nomor senapan, 3 posisi open dan standard perorangan atau beregu 100 meter, 3 posisi open perorangan dan berebu 300 meter, dan tactical prone open dan senior 600 meter.

Pada lomba non IPSCS ada nomor senapan angin untuk air rifle dan pistol 10 meter putra-putri, siluet angin untuk senapan PCP, Pompa, dan Pompa Pemula Open, serta pistol presisi untuk 25 meter terbuka.

"Kami berharap pada perlombaan penembak Piala Danjen Kopassus ini, dapat muncul petembak bibit-bibit baru yang dapat mendukung Indonesia ke tingkat nasional dan internasional," katanya.

Menurut rencana, kejuaraan tersebut akan dibuka, langsung oleh Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa di Arena Tembak Markas Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Surakarta, pada Sabtu (6/7).

Baca juga: Eks Danjen Kopassus ditangkap, ditahan di Rutan Guntur

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024