Magelang (ANTARA) - Sebanyak 45 siswa pilihan dari berbagai SMA dan SMK se-Kota Magelang mengikuti pelatihan dan pembinaan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk bertugas pada HUT Ke-74 RI mendatang di daerah setempat.

"Pelatihan dan pembinaan calon Paskibraka ini bermanfaat untuk menanamkan jiwa dan sanubari mereka akan kecintaan dan patriotisme kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kota Magelang Susilo Handoyo di Magelang, Jumat.

Kegiatan itu, katanya, juga menjadi bagian penting dalam pembentukan kedisiplinan generasi muda karena menjadi bekal penting bagi kehidupan mereka pada masa mendatang.

"Pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi mereka sendiri dalam menempuh masa depan," kata dia.

Baca juga: 40 anggota paskibraka dikukuhkan

Ia mengatakan peserta pelatihan dan pembinaan calon Paskibraka Kota Magelang itu adalah generasi muda setempat yang telah menjalani seleksi secara ketat.

Mereka, ujar dia dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang, memenuhi sejumlah kualifikasi, baik secara fisik maupun akademis.

Pelatihan dan pembinaan Paskibraka Kota Magelang dimulai akhir Juni 2019 hingga menjelang mereka bertugas pada upacara HUT Ke-74 RI, 17 Agustus 2019.

Kegiatan tersebut dipusatkan di halaman Kantor Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kota Magelang.

Seluruh program kegiatan tersebut dipandu secara langsung oleh pelatih yang berkompeten di bidang Tata Upacara Bendera Peraturan Baris Berbaris (TUB PBB) dari Polres Magelang Kota dan Kodim 0705/Magelang.

"Mereka juga dibantu oleh adik-adik Purna Paskibra Indonesia (PPI) Kota Magelang Tahun 2018," kata Susilo. (hms)

Baca juga: Presiden Silaturahim dengan Paskibraka dan Para Teladan
 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024