Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Banjarnegara dan kabupaten lain di sekitarnya berpotensi hujan ringan pada Selasa.

"Ada potensi hujan ringan yang bersifat lokal dengan angin dari arah Timur Laut menuju Selatan," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara  Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Senin (27/5).

Menurut data BMKG diketahui bahwa Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Kebumen, Purworejo dan Wonosobo juga berpotensi hujan ringan.

Selain itu, Temanggung, Batang, Pemalang, Magelang dan Pekalongan juga berpotensi hujan ringan.

Dia juga menambahkan wilayah lainnya di Jawa Tengah pada umumnya berawan dan cerah berawan, termasuk pantura.

Menurut prakiraan BMKG, tinggi gelombang di Laut Jawa pada Selasa, sekitar 0,5 hingga dua meter, sedangkan di perairan selatan Jawa Tengah sekitar 1,3 hingga tiga meter.

BMKG juga menginformasikan bahwa wilayah Provinsi Jawa Tengah telah memasuki pancaroba sehingga hujan terus menurun.

Kendati demikian, BMKG,terus mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada mengingat masih ada kemungkinan terjadinya hujan lebat, angin kencang, dan juga petir pada masa peralihan.

BMKG meminta masyarakat untuk tidak panik namun selalu meningkatkan kewaspadaan karena masih ada potensi hujan lebat, angin kencang, dan petir.

"Masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana tanah longsor dan juga banjir harus tetap mewaspadai hujan dengan intensitas yang cukup tinggi dengan durasi yang lama karena berpotensi memicu bencana banjir dan longsor," katanya.
 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024