Magelang (ANTARA) - Mahasiswa Program Studi Teknologi Produksi Pakan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) melakukan praktikum penanganan bahan baku dan produk jadi pakan, Senin (13/5) di tengah kesabaran mereka menjalani puasa Ramadhan 2019.

Dengan metode pembelajaran teaching factory (tefa) ini, mahasiswa dituntut mampu mandiri dalam memproduksi pakan maupun penangan pra dan pascaproduksi pakan.

"Perlu perlakuan khusus dalam penanganan bahan baku maupun bahan yang sudah jadi, khususnya untuk konsentrat. Ini untuk menjaga kualitas bahan agar produk jadi yang dihasilkan memiliki nutrisi terjaga untuk ternak," kata Ir. Andang Adiani L. M.Si, dosen pengampu. Mahasiswa Polbangtan YoMa membuat palet untuk menyimpan bahan pakan ternak (Foto: PolbangtanYoMa/Tantyanuar)
Didampingi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Budiyanto, S.ST, mahasiswa membuat palet sebagai alas bahan baku dan produk jadi.

Palet juga untuk menjauhkan bahan baku dari serangan tikus, kecoa, maupun rayap, agar kualitas bahan baku tetap terjamin sebelum diolah menjadi produk jadi.

Tak hanya itu, mahasiswa juga diajarkan mampu menangani dan menjaga kualitas bahan baku atau produknya agar awet selama disimpan baik dalam kondisi sebelum diproduksi maupun yang sudah jadi. (PolbangtanYoMa/Tantyanuar)
 

Pewarta : KSM
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024