Purwokerto (ANTARA) - Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar seminar internasional dengan tema Empowerment of Human Resources Local Wisdom In Psycjological Perspective Jowards Industrial Revolution 4.0 untuk meningkatkan wawasan mahasiswa.

"Seminar yang ditujukan untuk meningkatkan wawasan para mahasiswa dan dosen-dosen kami ini telah diselenggarakan pada tanggal 27 April 2019 di Hotel Surya Yudha Purwokerto," kata Dekan Fakultas Psikologi UMP Retno Dwiyanti, S.Psi.,M.Si. di Purwokerto, Kamis.

Menurut dia, seminar yang digelar bersama dengan rangkaian milad ke-21 Fakultas Psikologi UMP dan merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas Fakultas Psikologi.

Ia mengatakan seminar tersebut terselenggara berkat bantuan dan kerja sama berbagai pihak sehingga dapat menghadirkan Taufiq Kasturi, Ph.D. dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Dr. Shukran bin Abd. Rahman dari Islamic University of Malayasia (IIUM) sebagai narasumber.

Sementara itu, Rektor UMP Dr. Anjar Nugroho mengatakan seminar internasional tersebut merupakan yang kedua kalinya digelar oleh Fakultas Psikologi UMP.

"Seminar internasional sebelumnya digelar di Hotel Cor Purwokerto," katanya.

Lebih lanjut, dia mengaku telah beberapa kali berkunjung ke kampus IIUM dan perguruan tinggi Islam tersebut benar-benar dapat menjadi rujukan universitas manapun.

"Insyaallah sedang dibangun juga International Islam University of Indonesia," katanya.

Ia mengharapkan kehadiran narasumber dari IIUM dalam seminar internasional tersebut dapat membagikan informasi yang sangat menarik terkait dengan pengembangan kampus Islam yang bertaraf internasional. 

Menurut dia, hal itu bukan hanya sekadar namanya saja, juga substansi perguruan tingginya benar-benar dirasakan sehingga tema besar dalam konferensi tersebut adalah integrasi keilmuan Islam dengan keilmuan umum.

Lebih lanjut Rektor mengatakan UMP punya hasanah ilmu keislaman yang sangat luas dan mendalam, sehingga kemajuan ilmu pengetahuan yang umum dibarengi dengan nilai-nilai keislaman khususnya dalam lingkup ilmu sosial dan sains.

"Tema seminar kali ini tentang  kearifan lokal dan pengembangan ilmu psikologi dan dikaitkan dengan revolusi industri 4.0 itu sangat menarik sekali. Antara kearifan lokal dan revolusi industri adalah dua hal yang harus dilakukan salah satu tarikan nafas. Kami sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan tersebut, semoga dapat terus dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa kita secara umum dan meningkatkan kualitas UMP secara khusus," katanya. (cah)

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024