Jepara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menargetkan dikunjungi tiga juta wisatawan pada 2019 bersamaan denganl gencarnya promosi sejumlah destinasi wisata unggulan di kabupaten tersebut kepada pihak luar. 

"Kami memang gencar melakukan promosi wisata serta rajin menggelar kegiatan yang bisa dijadikan ajang promosi potensi wisata di Kabupaten Jepara," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamroni Lestiaza di Jepara, Selasa.

Promosi yang dilakukan, katanya, tidak hanya dengan cara konvensional, bahkan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

Target 3 juta kunjungan, katanya, merujuk tahun 2018 tercatat sebanyak 2,6 juta wisatawan yang berkunjung.

Secara komulatif jumlah tersebut meningkat sebesar 23,8 persen, dibandingkan jumlah kunjungan wisatawan pada periode yang sama tahun 2017.

Ia optimistis target 3 juta kunjungan wisatawan selama 2019 bisa tercapai, mengingat ada dukungan dari Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Jepara yang aktif di media sosial.

"Kami optimistis akselerasi pariwisata Jepara dipastikan bakal semakin kencang," ujarnya.

Keberadaan mereka diharapkan menjadi ujung tombak promosi di media sosial sejumlah destinasi wisata unggulan di Kabupaten Jepara.

Munculnya destinasi wisata baru yang memanfaatkan pesona laut maupun pegunungan, kata dia, juga bisa menjadi daya tarik wisatawan karena dimungkinkan ada yang menginginkan objek wisata baru yang belum pernah dikunjungi.

"Genpi Jepara diharapkan ikut ambil peran mempromosikan objek wisata baru yang saat ini semakin banyak bermunculan," ujarnya.

Dalam rangka melengkapi kunjungan wisatan baik wisata domestik maupun mancanegara, katanya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara akan menghidupkan kuliner tradisional khas Jepara maupun usaha mikro kecil menengah (UMKM) lainnya.

Harapannya, setiap wisatawan yang berkunjung ke Jepara selepas mengunjungi tempat wisata juga akan mencicipi makanan khas Jepara maupun membawa cenderamata.

Ketua Genpi Jepara Khoirudin Farid menyatakan siap mempromosikan semua destinasi wisata di Jepara sebagai upaya menggaet wisatawan sebanyak-banyaknya untuk berkunjung ke Jepara.

Dalam waktu dekat setelah dilantik sebagai ketua Genpi Jepara, dia segera menggelar rapat kerja yang di dalamnya memiliki agenda penyusunan program kerja selama satu tahun ke depan.

"Kami juga akan merumuskan strategi untuk mempromosikan pariwista dan potensi Kabupaten Jepara," ujarnya.

 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024