Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Ke-53 Kabupaten Batang, terus melakukan promosi pariwisata melalui kegiatan olahraga wisata (sport tourism).

Bupati Batang Wihaji di Batang, Minggu, mengatakan bahwa sebelumnya pemkab menyelenggrakan kegiatan Paraliding Trip Of Indonesia (TROI) Seri I Batang di Bukit Sikuping, kemudian pada hari ini menggelar olahraga otomotif di kawasan Alas Roban dengan melibatkan sebanyak 1.300 peserta.

"Melalui kegiatan olahraga wisata ini (sport tourism) maka masyarakat luar daerah bisa mengetahui potensi wisata yang dimiliki daerah setempat serta nantinya mereka bisa memberikan informasi objek wisata ini pada yang lainnya," katanya.

Pada kegiatan "Jelajah Alas Roban 3", Bupati Wihaji mengatakan wilayah Batang memang banyak potensi wisata alam maupun pantai yang saat ini masih terus dikembangkan dan ditawarkan kepada para wisatawan lokal dan mancanegara.

"Oleh karena, melalui kegiatan Jelajah Alas Roban, tingkat kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke daerah setempat. Tentunya, kunjungan wisatawan itu akan menambah pendapatan asli daerah (PAD)," katanya.

Ketua Panitia Jelajah Alas Roban 3 Chrisna Junianto mengatakan panitia sengaja mengambil jalur kawasan hutan Alas Roban dengan tujuan untuk mengenalkan wilayah daerah setempat kepada para peserta otomotif (offroader) agar mereka nantinya bisa mengenalkan potensi wisata di daerah itu pada masyarakat luas.

"Sebelumnya kami pernah mengadakan kegiatan semacam ini namun untuk jalur yang sekarang lebih berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya sebagai upaya menambah pengalaman pada offroader," katanya.

Menurut dia, pada kegiatan Jelajah Alas Roban ini, panitia menyiapkan jalur yang menantang (ekstrem) dan beberapa tanjakan berhadiah bagi para offroader yang memang mempunyai nyali untuk mencobanya.

"Ada tanjakan berhadiah senilai Rp10 juta bagi peserta yang berhasil naik ke puncak yang sudah ditentukan panitia. Nantinya kegiatan ini akan kami laksanakan secara rutin," katanya.
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024