Purwokerto (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, siap mengembangkan potensi agrowisata buah dan sayuran di Desa Madura,

"Gagasan ini muncul saat panen perdana buah 'golden melon' oleh Bapak Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama Pak Subiakto Tjakrawerdaya mantan Menteri Koperasi pada November 2018 di Dusun Karangsari, Desa Madura, Kecamatan Wanareja," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Supriyanto fi kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Supriyanto di  Cilacap, Jumat.

Ia mengatakan dalam kesempatan tersebut, Bupati Cilacap melihat potensi pengembangan agrowisata buah dan sayuran di Desa Madura.

Selain itu, kata dia, petani setempat tergabung dalam Kelompok Tani Sari Mukti selama ini telah menjalin kerja sama dengan Taman Buah Mekarsari, Bogor, Jawa Barat.

Secara kebetulan, lanjut dia, Subiakto Tjakrawerdaya juga merupakan Ketua Yayasan Damandiri yang salah satu kegiatannya mengelola Taman Buah Mekarsari.

"Pak Bupati dan Pak Subiakto sepakat untuk mengembangkan agrowisata di Desa Madura," jelasnya.

Terkait dengan gagasan tersebut, Supriyanto mengatakan pihaknya segera melakukan pengembangan di sisi agro melalui kerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, sedangkan bibit buah dan sayuran disiapkan oleh Taman Buah Mekarsari.

Sementara untuk pengembangan di sisi wisata, kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap.

"Potensi tersebut kami garap bersama LPPM Unsoed dan nanti pada bulan Juli hingga Agustus, Unsoed akan mengirimkan 20 mahasiswanya untuk melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) tematik berupa pengembangan agrowisata di Desa Madura," katanya.

Menurut dia, petani di Desa Madura tidak hanya mengembangkan buah melon, juga belimbing madu, jambu kristal merah, dan berbagai tanaman buah maupun sayuran sehingga sangat memungkinkan dikembangkan sebagai kawasan agrowisata seperti halnya Taman Buah Mekarsari di Bogor.

Dengan adanya agrowisata tersebut, kata dia, Kabupaten Cilacap akan memiliki satu objek wisata unggulan yang berbasis pertanian.

"Di samping meningkatkan produksi buah nasional, kehadiran agrowisata diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya Desa Madura," katanya. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024