Purwokerto (ANTARA) - Dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Hilman Taofik H. dari Fakultas Farmasi dan Endah Safitri dari Fakultas Hukum berhasil meraih juara satu dalam ajang pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Banyumas 2019.

Dalam ajang yang digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, di Pendopo Sipanji, Purwokerto, Rabu (24/4), mahasiswa UMP lainnya, yakni Siti Nur Yuliana dari Fakultas Hukum meraih juara harapan satu.

Terkait dengan hal itu, Rektor UMP Dr. Anjar Nugroho mengaku bersyukur dan mengapresiasi atas terpilihnya tiga mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah tersebut sebagai Duta Genre Banyumas 2019.

Menurut dia, apa yang diraih Hilman Taofik H., Endah Safitri, dan Siti Nur Yuliana merupakan sebuah capaian prestasi yang membanggakan.

"Alhamdulillah, selamat untuk ananda Hilman Taofik, Endah Safitri, dan Siti Nur Yuliana. Semoga mampu mengemban tugas-tugasnya sebagai Duta Genre Banyumas 2019," katanya.

Dengan terpilih menjadi Duta Genre, kata dia, ketiga mahasiswa tersebut membawa nama harum Kabupaten Banyumas dan UMP. 

Lebih lanjut Rektor mengatakan UMP memberikan ruang seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri dalam bidang nonakademik sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa. 

"Siapa pun yang memiliki kemampuan dan peluang untuk menunjukkan potensinya agar dimanfaatkan dengan baik," katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UMP Ir. Aman Suyadi juga menyampaikan kegembiraannya atas prestasi yang diraih oleh ketiga mahasiswa tersebut.

"Alhamdulillah bersyukur kepada Allah SWT, mahasiswa dan mahasiswi UMP mampu meraih juara satu dalam ajang pemiluhan Duta Genre Banyumas 2019. Ini merupakan hasil kerja keras mahasiswa dan pembina," katanya.

Ia mengatakan UMP memiliki tradisi kuat dalam meraih juara Duta Genre tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. 

Oleh karena itu, dia mengharapkan wakil dari UMP tersebut bisa meraih prestasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah maupun nasional.

"Sebagai penghargaan atas prestasinya, mahasiswa yang meraih prestasi sudah kami siapkan penghargaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di UMP. Penghargaan yang dimaksud berupa uang pembinaan," jelasnya. 

Setelah terpilih menjadi Duta Genre Banyumas 2019, Hilman Taofik, Endah Safitri, dan Siti Nur Yuliana memiliki tugas untuk mengampanyekan dan memberi edukasi terkait dengan program keluarga berencana (KB) dan kesehatan reproduksi di kalangan pelajar. (tgr)
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024