Semarang (ANTARA) - Perum Bulog Divre Jateng menjual paket pangan murah seharga Rp42.500 yang dapat dibeli dengan harga Rp10.000 dan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari HUT ke-21 Kementerian BUMN dan HUT BUMN Bersama tahun 2019. 

"Totalnya secara nasional ada 1 juta paket pangan murah dan untuk wilayah Jateng melalui subdivre Semarang mendapatkan penugasan melaksanakan penjualan paket pangan murah sebanyak 15.000 paket," kata Wakil Kepala Perum Bulog Divre Jateng Juaheni di Semarang, Rabu.

Paket pangan murah yang berisi 1 kg beras premium renceng, 1 liter minyak goreng, 450 gram gula pasir, 250 gram garam, dan 425 gram sarden tersebut disebarkan di Kota Semarang sebanyak 10 ribu paket dan di Kabupaten Kendal sebanyak 5.000 paket.

Ia menjelaskan paket murah tersebut bagian dari program corporate social responsibility (CSR) untuk produk beras dari PT Perum Bulog, minyak goreng dari PT RNI, gula pasir dari PT PTPN III, garam oleh PT Garam, dan sarden oleh PT PPI.

"Pembelian maksimal seorang satu paket, dengan harapan semakin banyak yang bisa mendapatkan paket murah ini. Kegiatan ini bagian dari wujud BUMN hadir untuk negeri," kata Juaheni.

Kepala Perum Bulog Subdivre Semarang Muchson menambahkan untuk pembagian 10.000 paket di Gudang Palebon Subdivre Semarang dibagikan di 17 kecamatan (sebanyak 3.000 paket); disalurkan ke rumah pangan kita (RPK) sebanyak 2.000 paket; dan disalurkan ke masyarakat umum yang mengunduh aplikasi LinkAja sebanyak 5.000 paket.

"Penjualan paket pangan murah di Semarang memang tidak bisa di seluruh kecamatan. Satu kecamatan ada 27 kelurahan dengan masing-masing kelurahan 100 paket atau totalnya 2.700 paket dan dibulatkan menjadi 3.000 paket," katanya.

Sementara untuk wilayah Kendal, sebanyak 5.000 paket dibagikan di Kantor Kelurahan Plososari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten kendal dengan bekerja sama dengan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Kendal pada 11 April 2019.

Kesempatan tersebut pun dimanfaatkan masyarakat Kota Semarang dengan mendatangi Gudang Palebon untuk membeli paket pangan murah. Mereka menunjukkan aplikasi LinkAja, membayar Rp10.000, dan langsung bisa mendapatkan paket pangan murah. Pembelian paket pangan murah berlangsung tertib.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024