Solo (ANTARA) - Gojek sebagai perusahaan teknologi terdepan di Indonesia terus berupaya membantu meringankan beban dan keberhasilan para mitra driver melalui program Gojek Swadaya agar memiliki pendapatan berkesinambungan demi meningkatkan taraf hidup.

"Mitra driver merupakan tulang punggung yang memegang peranan penting dalam layanan Gojek, sehingga berupaya menjembatani mereka dengan ragam kemudahan melalui program Gojek Swadaya," kata Head Regional Corporate Affairs Jateng, Yogya, Jatim & Bali Nusra Gojek, Alfianto Domy Aji, di Solo, Jumat.

Dia mengatakan Gojek Swadaya merupakan program pemberian akses manfaat tambahan khusus untuk mitra driver di antaranya pengelolaan keuangan.

Domy mengatakan ada tiga pilar utama Gojek Swadaya, yakni ringankan yang berisi program-program yang dapat meringankan pengeluaran dan biaya operasional sehari-hari mitra driver, lindungi yakni program yang dapat memberikan proteksi diri dan finansial para mitra, dan rencanakan yang berisi program perencanaan keuangan jangka panjang bagi mitra dan keluarga.

"Kami memahami bahwa mitra memegang peranan penting dalam perkembangan ekosistem Gojek. Kami berterima kasih atas dedikasi yang diberikan para mitra kami dalam memberikan pelayanan terbaik," katanya.

Pihaknya terus berinovasi dalam memudahkan mitra bekerja dan meningkatkan kesejahteraannya lewat program Gojek Swadaya, termasuk di wilayah Solo dan sekitarnya.

Program Gojek Swadaya telah berlangsung sejak 2016 dan memberikan dampak positif bagi para mitra driver. Mitra driver di Solo bisa memiliki akses pada layanan jasa keuangan, seperti tabungan masa depan, asuransi, serta cicilan terjangkau.

Pihaknya juga menyediakan akses terhadap tabungan haji, cicilan KPR, tabungan umrah, serta layanan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan.
    
Program tersebut mendapatkan respons antusias cukup tinggi dari mitra driver Gojek di Solo. Hingga Februari 2019, sudah 4.500 mitra driver mengikuti asuransi, baik Pasar Polis maupun Allianz.

Selain itu, hampir 800 mitra driver mengikuti program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan dan sekitar 70 mitra mengikuti program simpanan, baik tabungan, haji, dan umrah maupun KPR.
    
Pilar ringankan, kata dia, terdapat hampir 5.300 mitra yang tergabung dalam program paket hemat pulsa dan internet, baik Telkomsel, Indosat, maupun XL.

Dalam merancang program-program Gojek Swadaya, pihaknya senantiasa melakukan survei lapangan serta mengadakan diskusi dua arah untuk mengetahui aspirasi dan kebutuhan utama para mitra driver.

"Hasil temuan lapangan lewat program  kopi darat (kopdar), terhitung ribuan mitra driver Solo telah terdaftar sebagai penerima manfaat Gojek Swadaya mulai dari proteksi barang dan kesehatan, hingga menyicil rumah dengan biaya yang sangat terjangkau. Kami optimis dengan sosialisasi yang terus dilakukan, angka penerima manfaat ini akan terus bertambah," katanya.

Hingga saat ini, katanya, Gojek secara nasional sudah lebih dari satu juta mitra dan keluarga yang telah menerima manfaat program-program Gojek swadaya.

Gojek Swadaya memiliki berbagai program tepat sasaran yang dapat menjembatani para mitra driver untuk mengakses ragam layanan yang berdampak positif agar mereka bisa semakin meningkatkan taraf hidupnya.





 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024