Kendal (ANTARA) - Mochamad Herviano Foundation (MHF) Tanggap Bencana memberi bantuan sembako dan perlengkapan sekolah bagi puluhan warga korban kebakaran di Dusun Taruman, Desa/Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Herviano yang datang ke lokasi, Jumat, bersama sejumlah relawan.

Ketika Herviano dan para relawan MHF Tanggap Bencana tiba di lokasi kebakaran yang meludeskan 36 rumah pada 27 Februari 2019 tersebut, terlihat warga masih mengais barang dari puing-puing kebakaran.

Dalam siaran pers MHF yang diterima di Semarang, disebutkan warga korban kebakaran mencoba mengais sisa harta benda di antara puing-puing yang tersisa.

Mereka kini tinggal sementara di rumah kerabat dan bertahan dengan dukungan bantuan pemerintah melalui pendirian dapur umum

Juwati yang tinggal bersama Ngarmin, suaminya serta anaknya Nurhafudin dan Nuryanti menantunya terpaksa harus mengungsi ke rumah anaknya, Sikun, yang juga berada di desa tersebut.

Herviano, caleg DPR RI dari Dapil Jateng I meminta warga bersabar dan tabah menerima musibah ini. "Sabar ya, Bu. Semoga bantuan ini berguna untuk ibu dan warga lainnya," ujar politikus muda PDIP tersebut.

Di tengah guyuran hujan, Herviano bersama tim relawan, saat itu mendatangi satu persatu korban yang kini mengungsi ke rumah kerabat yang tinggal di desa tersebut.

Henry dari Tim Tanggap Bencana MHF menambahkan penyerahan bantuan tersebut merupakan komitmen MHF untuk membantu korban bencana secara cepat.

"Begitu ada bencana, tim akan turun langsung dan memberi bantuan apa saja kepada para korban. Ini tim reaksi cepat, karena dari pengalaman yang ada, para korban bencana umumnya lambat tertangani karena terlalu banyak koordinasi," ujarnya.

Kepala Desa Singorojo, Hadi Prayitno, mengatakan kebakaran yang menghanguskan puluhan rumah di permukiman padat penduduk itu diduga akibat kebocoran gas dari rumah warga pada Rabu lalu. ***


Pewarta : Zaenal
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024