Pekalongan (Antaranews Jateng) - Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz memandang pentingnya pendidikan karakter anak agar mereka menjadi generasi "emas" pada masa mendatang dan berguna bagi bangsa dan negara.

     "Oleh karena itu, kami berharap dengan diselenggarakannya pesta siaga pramuka ini dapat membentuk pendidikan karakter dan membentuk jiwa anak yang tangguh untuk tumbuh menjadi generasi emas pada masa mendatang," katanya saat membuka kegiatan Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Kota Pekalongan 2019 di Pekalongan, Minggu.

     Menurut dia, pesta siaga merupakan salah satu upaya membentuk pendidikan karakter anak dan meningkatkan tali silaturakhim antarpramuka.

     Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga penting dilakukan sebagai upaya mempersiapkan mental para pramuka siaga yang akan memasuki masa remaja.

     "Oleh karena itu, saya sebagai ketua pembina, ada beberapa yang perlu disampaikan bahwa pramuka dalam membina anak-anak muda menjadi tumpuan harapan bangsa kelak dan mereka menjadi anak yang disiplin, taat aturan, taat hukum, berakhlakul karimah, serta sigap dalam berbagai hal," katanya.

     Pada kegiatan Pesta Siaga diusung tema "Mandiri, Santun, dan Gembira" diikuti sebanyak 12 barung putra dan 12 barung putri se-Kota Pekalongan.

     Peserta pramuka siaga mengatakan kegiatan pesta siaga akan bermanfaat baik bagi para pelajar, terutama dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter agar tidak terjerumus dalam perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

     "Oleh karena, kami sangat senang dapat mengikuti kegiatan pesta siaga ini, Selain kita bisa saling bersilaturahmi juga banyak manfaatnya untuk menmpa mental pelajar," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024