Pekalongan (Antaranews Jateng) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meresmikan rumah susun mahasiswa Universitas Kota Pekalongan dan menandatangani prasasti pembangunan rusun Pondok Pesantren (Ponpes) Moderen Gondang Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu.
     
"(Pembangunan) rumah susun ini sangat efektif di seluruh Indonesia. (Pemanfaatan rusun) tak hanya untuk mahasiswa namun bagi masyarakat pekerja di daerah kawasan industri, perkotaan, polisi, aparatur sipil negara, dan lainnya," katanya di Kota Pekalongan, Sabtu.
     
Pembangunan rusun mahasiswa Universitas Pekalongan berlantai 4 ini berada di Jalan Sriwijaya Nomor 3, Kelurahan Bendan, Kecamatan Pekalongan Barat ini berjumlah 50 unit dengan kapasitas 196 orang
     
Adapun Ponpes Moderen Gondang milik Yayasan Madrasah Islamiyah ini berada di Desa Gondang, Kecamatan Kajen, Kota Pekalongan.
     
Pada kesempatan itu, Basuki Hadimuljono juga memberikan penghargaan bagi tenaga ahli muda konstruksi dan tenaga terampil bersertifikat di wilayah Kota dan Kabupaten Pekalongan.
     
Ia mengatakan pada 2018 di Jawa Tengah ada 39 rusun dan direncanakan dibangun lagi sebanyak 17 rusun pada tahun ini.
     
Basuki juga berkesempatan melakukan "talkshow" membahas penanganan dan kepedulian tentang sampah bersama Pakar Sosiolog Imam Prasojo.
     
"Perubahan peradaban tidak bisa 'sak dek sak nyet' (sangat cepat) namun harus kita sikapi pembangunan ini untuk kepentingan pada masa mendatang. Selain itu, pandanglah sungai sebagai barang yang mewah sehingga harus indah dan terbebas dari sampah," katanya.
     
Usai meresmikan rusuna mahasiswa Unikal Kota Pekalongan, Menteri PUPR mengunjungi tanggul penahan rob.



 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024