Solo (Antaranews Jateng) - Para pengusaha yang berhimpun dalam organisasi relawan Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Jokowi siap mendukung pasangan Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019.

"Organisasi relawan berbasis massa pengusaha dan pekerja di bidang perkayuan, mebel, serta lintas profesi ini mendukung Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres mendatang," kata Ketua DPP Sekabel Jokowi, Setyo Wisnu Broto, di Solo, Jumat.

Menurut Setyo, Sekabel Jokowi akan mendeklarasikan diri dan rencananya dihadiri oleh Capres Jokowi serta ribuan pengusaha perkayuan serta pekerjanya di De Tjolomadoe Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada Minggu (3/2).

"Sekabel Jokowi sebelumnya telah menyosialisasikan Capres Nomor 01 itu dan melakukan gerakan sosial kemasyarakatan di berbagai daerah di Indonesia," kata Setyo.

Setyo Wisnu mengatakan selain Jokowi, deklarasi juga akan hadiri, sejumlah elite Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, antara lain, Erick Thohir,  Luhut Binsar Panjaitan, dan Moeldoko.

"Insya Allah, Pak Jokowi, yang dahulu sama juga seorang pengusaha perkayuan dan mebel, hadir pada acara deklarasi Sekabel," kata Setyo didampingi Sekjen Sekabel Jokowi, Hari Basuki, dan Dewan Pembina Sekabel Jokowi, Begug Djoko Winarso.

Setyo mengatakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang sudah dilakukan, antara lain, pengobatan gratis di Desa Serenan Juwiring Klaten, pada awla Januari 2019, dan penghijauan di Polokarto Sukoharjo pada awal Desember 2018.

13 juta anggota
"Kami mendukung Pak Jokowi karena sama-sama pengusaha perkayuan dan mebel. Kami memiliki 11 juta hingga 13 juta anggota, baik pengusaha maupun pekerjanya, di Indonesia. Sekabel ini memiliki semboyan 'satu untuk semua, semua untuk satu'," katanya.

Menurut Setyo, ciri khas Sekabel Jokowi adalah sukarela, sosial, tanpa membedakan ras, suku, agama, golongan, serta latar belakang sosial politik kemasyarakartan. "Intinya, Sekabel Jokowi itu plural," katanya.

Sekjen Sekabel Jokowi, Hari Basuki, mengatakan para pengusaha kayu dan mebel serta pekerjanya pada Pilpres 2014 juga mendukung Jokowi, tetapi masih dalam kelompok kecil-kecil.
        
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024