Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banjarnegara mengukuhkan 55 relawan demokrasi yang akan berperan serta dalam menyosialisasikan Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden 2019.

"Kami baru saja mengukuhkan 55 relawan demokrasi wilayah Banjarnegara," kata Anggota KPU Banjarnegara, Khuswatun Chasanah di Banjarnegara, Senin.

Dia menjelaskan mereka akan menjadi mitra KPU Banjarnegara selama tiga bulan ke depan.

"Mereka menjadi mitra dalam menjalankan agenda sosialisasi dan juga agenda pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota. Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden 2019," katanya.

Dia berharap, para relawan demokrasi berkontribusi membantu KPU Banjarnegara dalam pelaksanaan sosialisasi Pemilu dan Pilpres tahun 2019.

Kehadiran para relawan demokrasi juga diharapkan membantu pelaksanaan pendidikan pemilih di 10 segmen yang tersebar di 20 kecamatan dan 278 desa atau kelurahan di Kabupaten Banjarnegara.

KPU Banjarnegara berharap, kehadiran relawan demokrasi membantu meningkatkan kesadaran masyarakat di wilayah setempat untuk bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi 2019.

"Diharapkan kehadiran para relawan demokrasi ikut mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi dan tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu dan Pilpres 2019," katanya.

Perekrutan relawan demokrasi juga sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden 2019.
 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024