Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengajak aparatur sipil negara (ASN) di wilayah setempat untuk membeli cabai langsung dari petani guna menstabilkan harga di pasaran.

"Meneruskan instruksi Gubernur Jawa Tengah, saya mengimbau para ASN untuk bisa membantu menstabilkan harga cabai dengan membeli cabai langsung dari petani kita," kata Budhi Sarwono di Banjarnegara, Kamis.  

Bupati menjelaskan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah mengeluarkan edaran agar seluruh ASN bisa membeli cabai secara langsung dari petani.

Hal itu dilakukan untuk menstabilkan harga cabai yang turun drastis di pasaran.

Menurut Bupati Budhi Sarwono, dalam SE Nomor 520/0000579 perihal Gerakan Selamatkan Petani Cabai tertanggal 14 Januari 2019 itu, Gubernur Jawa Tengah meminta seluruh kepala daerah di Jawa Tengah untuk memerintahkan jajaran aparatur sipil negara di lingkungannya membeli cabai langsung dari petani.

Sementara itu, Bupati menambahkan harga sayuran pada tingkat petani di Banjarnegara juga sedang anjlok karena melimpahnya pasokan di musim panen ini.

"Yang paling menonjol adalah cabai dan kacang panjang. Harga cabai di tingkat petani jatuh hingga harga Rp7.000 per kilogram dan kacang panjang Rp700 per kilogram," katanya.

Bupati menambahkan dia dan keluarga juga telah memborong cabai dan aneka sayuran dari sejumlah petani.

"Saya borong kacang panjang, tomat, jagung, oyong, mentimun, dan lainnya. Ayo kita bantu petani, dengan gerakan beli cabai, kita berharap harga di pasaran bisa kembali stabil,? katanya.

Bupati juga menambahkan para petani di Pejawaran, Kutawuluh, Kaliajir, dan Pucung Bedug juga telah menyampaikan keluhan mengenai harga sayuran yang anjlok.

"Selama ini, sebagian besar petani di wilayah tersebut menjadikan cabai sebagai produk pertanian utama yang ditanam di lahan mereka. Saya tengah berkoordinasi dengan dinas terkait mengenai masalah tersebut," katanya.


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024