Demak (Antaranews Jateng) - Kalangan ibu dan pecinta kuliner muda Desa Tlogopandogan, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak, dimotivasi berani merintis bisnis kuliner agar kaum perempuan lebih mandiri dalam keuangan.

Motivasi tersebut diwujudkan oleh Komunitas Sahabat Lestari dengan memberi pelatihan membuat onde-onde kacang hijau dan kue pukis yang banyak digemari masyarakat.

Pelatihan yang digelar pada Sabtu (12/1)
di kediaman Sukahar, Desa Tlogopandogan, itu diikuti 89 peserta, demikian siaran pers dari Sahabat Lestari yang diterima Minggu.

Mereka antusias mengikuti pelatihan kuliner yang diiniasi Dewan Pembina Sahabat Lestari, Lestari Moerdijat, yang juga caleg DPR RI Dapil 2 Jateng dari Partai NasDem

Pelatihanbertujuan untum mengembangkan keterampilan, kreativitas, dan inovasi pengolahan bahan mentah menjadi adonan kue yang lezat.

Selain itu, juga membuka peluang usaha dalam bidang bisnis kuliner. Peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan walau cuaca panas, namun tidak menyurutkan semangat.

Pertama, peserta diajak membuat kue pukis setelah itu membuat onde-onde kacang hijau. Alasanya di pilih dua masakan tersebut karena bahan yang didapatkan sangat mudah di pasar dan caranya mudah juga.

Koordinator Kegiatan Sahabat Lestari, Siswo Pratono, mengatakan kegiatan pelatihan kreasi dan UMKM bertujuan untuk membuat ibu-ibu lebih kreatif dan diharapkan bisa membuat kue sendiri.

Siswo juga menambahkan pelatihan ini sudah diselenggarkan di beberapa tempat di Demak. "Alhamdulillah kegiatan ini sudah terselenggara di beberapa tempat di Demak dan masyarakat mengapresiasi kegiatan positif ini."

Ia menambahkan kegiatan ini juga wujud kepedulian Lestari Moerdijat terhadap perempuan agar lebih bisa produktif dan melakukan kegiatan positif sekaligus bisa membuka peluang usaha.***

Pewarta : Zaenal
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024