Semarang (Antaranews Jateng) - PT Pertamina (Persero) menilai keberadaan tol Trans Jawa selama periode Satgas Natal dan Tahun Baru 2019 memberikan dampak positif yakni turunnya permintaan bahan bakar avtur di tiga bandara yakni Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

"Biasanya konsumsi Avtur naik, tetapi kali ini di Semarang, Solo, dan Yogyakarta justru turun. Turunnya enam sampai tujuh persen di tiga bandara dan itu cukup besar," kata Direktur Pemasaran Ritail PT Pertamina Mas'ud Hamid di Semarang, Minggu.

Hal tersebut disampaikan Mas'ud Hamid didampingi GM Pertamina MOR IV Tengku Fernanda disela-sela acara Berkah Energi Pertamina yang dimeriahkan Siti Badriah selaku brand ambassador program Berkah Energi Pertamina di halaman DPRD Jawa Tengah Jalan Pahlawan, Semarang.

Mas'ud menjelaskan biasanya pada moment Natal dan Tahun Baru 2019, permintaan bahan bakar Avtur naik enam hingga tujuh persen, namun dengan keberadaan Tol Trans Jawa menjadi turun enam hingga tujuh persen karena masyarakat banyak beralih yang menggunakan jalur darat memanfaatkan jalan tol.

Sebelumnya Pertamina telah menyiagakan tambahan stok avtur sebanyak 7 persen dari rata-rata konsumsi normal, yakni dari 480 kiloliter menjadi 514 kiloliter untuk mengantisipasi padatnya penerbangan di bandara Jateng dan DIY selama periode libur Natal dan Tahun Baru.

Sementara pelayanan BBM di tol Trans Jawa selama periode satgas, Pertamina MOR IV mencatat penyaluran BBM tertinggi di jalur A (menuju Surabaya) terjadi pada tanggal 22 Desember 2018 yaitu 42 kiloliter untuk jenis Pertamax dan 3 kiloliter untuk produk dexseries, sedangkan penyaluran tertinggi di jalur B (menuju Jakata) terjadi pada tanggal 30 Desember 2018 yaitu 25 kiloliter untuk produk Pertamax dan 4 kiloliter untuk produk dexseries.

Dalam kesempatan sama General Manager PT Pertamina (Persero) MOR IV Tengku Fernanda mengatakan bahwa satgas Pertamina untuk natal dan tahun baru 2019 dinyatakan berlangsung lancar dan aman.

Penyaluran BBM jenis gasoline (premium, pertalite dan pertamax series) mengalami peningkatan total sebesar 12 persen yaitu dari rata-rata normal sebesar 12.403 kiloliter menjadi 13.849 kiloliter, sementara produk Gasoil (biosolar dan dex series) mengalami penurunan sebesar 12 persen yaitu dari penyaluran harian normal sebesar 6.337 kiloliter menjadi 5.582 kilolite karena menurunnya aktivitas industri selama masa liburan natal dan tahun baru.

Untuk penyaluran elpiji, tambah Fernanda, selama masa Satgas Pertamina MOR IV mencatat rata-rata penyaluran elpiji subisidi dan nonsubsidi sebesar 3.891 MT/hari atau naik tujuh persen dibandingkan rata-rata penyaluran harian normal yaitu 3,672 MT/hari dan selama masa satgas Natal dan Tahun Baru, Stasiun Pengisian Pusat Bulk Elpiji (SPPBE) juga telah menambah jam operasionalnya untuk melayani masyarakat akan kebutuhan elpiji.

Terkait dengan acara Semarang Berkah Energi Pertamina, Mas'ud menjelaskan bahwa Semarang merupakan kota ketiga setelah sebelumnya hadir di Kota Malang dan Kota Tangerang bersamaan dengan momentum pengundian periode pertama.

Penyelenggaran Berkah Energi Pertamina diisi dengan beragam kegiatan seperti fun walk, hiburan musik, zumba, lomba goyang BEP, lomba photo selfie, games yang diikuti komunitas, kids area, serta booth komunitas motor dan mobi

"Bagi konsumen Pertamina yang ingin mendapatkan hadiah senilai miliaran rupiah dengan beribadah Umrah ke Tanah Suci secara gratis, dapet mobil Mercy, motor Harley, dan lain-lain dapat mengikuti program Berkah Energi Pertamina dengan mengunduh aplikasi MyPertamina dan melakukan registrasi. Masih ada banyak kesempatan dan pengundian periode kedua akan dilaksanakan Maret 2019," katanya.

Konsumen bisa mendapatkan kupon elektronik untuk mengikuti program Berkah Energi Pertamina dengan cukup mengunduh aplikasi Mypertamina, kemudian mengunggah foto struk pembelian produk Pertamina di aplikasi MyPertamina, untuk bahan bakar jenis Pertamax Series, Dex Series dapat dibeli di seluruh SPBU Pertamina, pelumas Fastron, Enduro maupun produk LPG dan Bright Gas di Bright Store dan Indomaret. 

Untuk informasi program dan mekanisme lebih lanjut dapat mengakses akun media sosial facebook dan twitter MyPertaminaID, instagram @mypertamina, youtube mypertamina, website mypertamina.id, aplikasi MyPertamina, dan Pertamina Contact Center 1-500-000.

 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024