Purbalingga (Antaranews Jateng) - Pengelola Desa Wisata Serang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menargetkan 50.000 pengunjung selama libur Natal hingga pergantian tahun baru.
   
"Target saat libur Natal hingga pergantian tahun baru sekitar 50.000 pengunjung," kata Kepala Desa Serang, Sugito, di Purbalingga, Rabu.

Dia mengatakan pihaknya tidak menargetkan angka kunjungan wisatawan yang terlalu tinggi mengingat kondisi cuaca yang sering hujan.
     
"Targetnya tidak tinggi kok karena cuacanya banyak hujan," katanya.

Dia mengatakan hingga saat ini pihaknya mencatat ada 12.000 wisatawan yang telah mengunjungi Desa Wisata Serang sejak beberapa hari yang lalu.
     
"Kami harapkan target 50.000 pengunjung hingga pergantian tahun baru akan dapat tercapai," katanya.
 
Dia juga menambahkan, pihaknya belum melakukan rekapitulasi data jumlah wisatawan selama tahun 2018.

Kendati demikian, pada tahun 2017, jumlah kunjungan wisatawan ke desa wisata tersebut mencapai 600 ribu pengunjung.

"Jumlah terbanyak wisatawan berkunjung ke destinasi wisata Lembah Asri Serang yang mencapai 294 ribu orang. Selebihnya, kunjungan ke Kampung Kurcaci, wisata petik stroberi, bukit swafoto, pendakian Gunung Malang, dan rekreasi Sikopyah," katanya.
     
Dia juga menambahkan, sektor pariwisata telah menumbuhkan perekonomian warga sekitar.

"Kesadaran masyarakat di Desa Serang akan manfaat pariwisata sudah mulai dirasakan. Kesadaran yang meningkat itu akhirnya membuat warga menggali potensi yang ada untuk destinasi wisata baru," katanya.
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024