Pekalongan (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, mengirimkan tim sukarelawan terbaik dan melakukan penggalangan donasi untuk korban tsunami di Provinsi Banten.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa pemkab siap membantu melakukan pencarian korban dan penggalangan dana bencana tsunami di Selat Sunda, Provinsi Banten.
 
"Kami kirimkan sukarelawan terbaik untuk membantu penanganan korban bencana. Selain itu, kita juga akan melakukan penggalangan dana untuk membantu para korban bencana tsunami yang selamat," katanya.
 
Ia mengatakan seluruh masyarakat Kabupaten Pekalongan turut berduka cita atas bencana tsunami tersebut dan mendoakan para korban  yang meninggal dunia diterima disisi Allah serta keluarga yang ditinggal dapat diberi ketabahan. 

"Kami juga membuka rekening bantuan untuk membantu para korban bencana yang akan dikoordinatori oleh Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat," katanya.
 
Menurut dia, dirinya telah memerintahkan BPBD untuk mengirimkan relawan terbaik guna membantu penanganan bencana tsunami di Selat Sunda, Banten.
 
BPBD, kata dia, akan berkoordinasi dengan BPBD Propinsi Banten untuk membantu penanganan korban pascabencana tsunami yang menerjang di sejumlah wilayah daerah itu seperti Pandeglang dan Provinsi Lampung.

 "Kita memiliki relawan terbaik yang telah bersertifikat dan sudah banyak membantu penanganan penanganan bencana nasional seperti tsunami di Aceh, Lombok, dan Sulawesi Tengah," katanya.

 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024