Jakarta (Antaranews Jateng) - Bek tengah Napoli Raul Albiol menjadi penyelamat timnya saat menang 1-0 atas SPAL dalam pertandingan lanjutan Liga Italia yang dimainkan di Stadio San Paolo, Napoli, Italia pada Sabtu malam WIB.

Selain Albiol, Napoli juga harus berterima kasih kepada dua penyelamatan penting yang dilakukan kiper Alex Meret untuk mencegah SPAL menyamakan kedudukan, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Italia.

Tambahan tiga poin bagi Napoli ini membuat klub tersebut mengoleksi 41 poin di peringkat kedua, sedangkan SPAL berada di peringkat ke-16 dengan 16 poin.

Partenopei memilih untuk mengistirahatkan Kalidou Koulibaly dan Lorenzo Insigne menjelang Boxing Day, namun Meret tampil sejak awal saat melawan bekas timnya SPAL. Tim tamu memiliki masalah terkait kebugaran Simone Missiroli dan Manuel Lazzari, dan tanpa kemenangan dalam tujuh putaran, dengan hanya raihan empat hasil imbang.

Marko Rug bergerak memotong untuk memaksa kiper SPAL Alfred Gomis melakukan penyelamatan. Insigne mengemas gol ke gawang lawan pada menit ke-11, namun tidak disahkan karena offside ketika ia menyambar tembakan Dries Mertens yang terdefleksi.

SPAL kehilangan Johan Djourou karena masalah otot yang harus ditarik keluar lapangan pada menit ke-42, dan hal itu mungkin mempengaruhi organisasi pertahanan mereka, sebab beberapa saat kemudian Napoli mampu memecah kebuntuan.

Tendangan sudut Mertens tertuju kepada Albiol yang menanduk bola dari tiang dekat menuju sudut jauh yang berbuah gol pada menit ke-45.

SPAL berusaha keras menyamakan kedudukan pada awal babak kedua, Meret diuji oleh Pasquale Schiattarella setelah serangkaian tendangan sudut.

Kalidou Koulibaly hampir menjadi bek kedua Napoli yang mengemas gol, sundulannya dari umpan silang Fabian Ruiz mengenai sisi atas tiang gawang. Mertens semestinya mengubah skor menjadi 2-0 ketika mendapat bola dari Insigne, namun sentuhan pertamanya tidak mulus dan ia hanya dapat menyambar bola yang melambung saat gawang terbuka lebar dari jarak dekat.

Menjelang pertandingan usai, Napoli diselamatkan dari hasil imbang oleh kipernya Meret, yang melakukan dua penyelamatan sensasional. Pertama ketika ia menggagalkan upaya Alberto Paloschi di tiang dekat, yang kemudian menghasilkan tendangan sudut, kemudian menahan sundulan Mohamed Fares.

Pada pertandingan lainnya, AC Milan takluk 0-1 dari tamunya Fiorentina. Federico Chiesa menjadi pencetak gol tunggal di laga ini saat ia membobol gawang Gianluigi Donnarumma pada menit ke-73, dengan tembakan kerasnya ke sudut atas gawang dari jarak 20 meter.

Hasil-hasil pertandingan Liga Italia lainnya pada Sabtu (22/12/2018):
Lazio 3 - Cagliari 1
Empoli 2 - Sampdoria 4
Genoa 3 - Atalanta 1
Sassuolo 1 - Torino 1
Udinese 1 - Frosinone 1

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

Napoli (4-2-3-1): Meret, Hysaj, Albiol, Koulibaly, Ghoulam (Luperto 79'), Rog (Ruiz 66'), Hamsik, Callejon, Insigne, Zielinski, Mertens (Diawara 83')

SPAL (3-5-2): Gomis, Cionek, Djourou (Vicari 42'), Bonifazi (Floccari 83'), Lazzari, Schiattarella, Valdifiori (Valoti 69'), Kurtic, Fares, Paloschi, Antenucci 

 


Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024