Batang (Antaranews Jateng) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, melalui "Operasi Penyakit Masyarakat" yang digelar selama dua hari terakhir ini menyita 225 botol minuman keras yang dijual oleh sebagian pedagang di jalur pantai utara Kecamatan Gringsing.
     
Kepala Polres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga di Batang, Selasa, mengatakan bahwa saat ini polres terus menggiatkan operasi Pekat sebagai upaya untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan menjalang perayaan libu Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Kita menyasar pada warung-warung remang sekaligus menyita ratusan botol minuman keras dari para pedagang warung," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Polsek Gringsing AKP Sugiyanto mengatakan pada operasi itu, polisi juga berhasil membongkar tipu muslihat para penjual minuman keras yang menyembunyikan barang yang memabukan itu di tempat yang rahasia.

"Para penjual tidak hanya sekadar menyajikan botol minuman keras di warung secara sembunyi-sembunyi namun mereka juga menyembunyikan barang yang memabukan itu ditempat yang dirahasiakan," katanya.

Menurut dia, terbongkarnya peredaran minuman keras itu berawal dari laporan dari masyarakat yang mencurigai adanya pesta barang memabukan itu di sebuah jalan desa.

Polisi yang menerima informasi itu, kata dia, kemudian berpatroli dan mendekati sekelompok pemuda yang sedang berkumpul di sebuah jalan desa yang dijadikan tempat untuk minum minuman keras.

"Saat itu, para pemuda itu sedang menikmati minuman keras oplosan yang dikenas pada botol air mineral. Melalui pendekatan persuasif, kami mengembangkan kasus itu untuk mengetahui dari mana mereka membeli minuman keras itu," katanya.

Ia mengatakan setelah mendapat informasi, polisi langsung bergerak ke sebuah warung makan kecil dan menemukan minuman keras jenis arak, vodka, dan topi miring. 

"Selanjutnya ada informasi lagi ada pedagang yang menyembunyikan botol minuman keras di sebuah warung. Kami sempat hampir terkecoh karena pemilik warung hanya menjual sembako, namun saat diselidiki di dalam kamar rumahnya terdapat minuman keras jenis oplosan dalam jumlah besar yang dikenas dalam botol air mineral," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024