Semarang (Antaranews Jateng) - Bank BRI menggelar Lifetime Achievement Award sebagai bentuk apresiasi kepada para debitur UMKM yang memiliki loyalitas tinggi, telah tumbuh dan berkembang bersama BRI.

Kegiatan yang digelar dalam rangka ulang tahun ke-123 BRI tersebut, selain sebagai penghargaan juga sekaligus merupakan bukti nyata keberadaan para
debitur UMKM BRI yang telah naik kelas di dalam segmen yang sama, bahkan ke segmen yang lebih tinggi, baik di BRI maupun di dunia usahanya.

"Sejak awal berdiri, BRI konsisten fokus menggarap segmen UMKM di Indonesia, dimana 90 persen dari total jumlah debitur BRI merupakan debitur UMKM," kata Fidri Arnaldy, Pemimpin Wilayah BRI Semarang di sela syukuran HUT ke-123 BRI di Kanwil BRI Semarang, Senin (17/12).

Menurutnya, berbagai nasabah debitur UMKM BRI yang saat ini berhasil naik kelas (tidak hanya dapat dilihat dari besaran modal dan omset usahanya) sebelumnya merupakan para debitur mikro dengan plafon pinjaman Rp1 juta hingga Rp2 juta.

"Banyak juga di antara mereka yang pada awalnya merupakan usaha perorangan, namun sekarang telah
berbadan hukum," ungkapnya.

Lifetime Achievement Award merupakan program penghargaan yang dilakukan secara nasional dan direncanakan menjadi ajang penghargaan rutin di tahun-tahun berikutnya.

Dari hasil seleksi, terpilih tiga debitur UMKM terbaik di masing-masing wilayah. Saat ini, BRI memiliki 19 Kantor Wilayah mulai dari Aceh hingga Papua. Selain sebagai pemenang di tingkat wilayah, terdapat lima debitur di antaranya yang berhak menyandang predikat sebagai pemenang tingkat nasional.

"Para debitur pemenang ini memiliki beragam jenis usaha di antaranya eksportir lada, dagang janggelan, industri pengolahan kayu jati, dan jasa angkutan laut," jelas Fidri Arnaldy.

BRI berharap melalui penghargaan tersebut para debitur UMKM dapat semakin tergugah semangatnya untuk terus mengembangkan usaha dan juga tumbuh Bersama dengan BRI.

"Semoga penghargaan yang diberikan BRI dapat semakin menumbuhkan semangat para debitur untuk tumbuh dan semakin mengembangkan usahanya, sehingga dapat terus berkontribusi mengembangkan sektor UMKM di Indonesia," demikian Fidri Arnaldy.
 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024