Semarang (Antaranews Jateng) - Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, masih ada cukup waktu untuk melengkapi rambu serta peralatan yang akan dijadikan sebagai panduan bagi pengguna ruas tol Trans Jawa yang rencananya tersambung sebelum libur Natal dan tahun baru.

Tim dari Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bersama PT Jasa Marga menyusuri ruas tol Trans Jawa dari Surabaya hingga Jakarta, Jumat.

Menurut Desi, kegiatan tersebut tidak hanya sebatas untuk mengecek penyelesaian fisik pembangunan jalan tol yang panjangnya mencapai 800 km tersebut.

"Tetapi juga untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan pengendara," katanya.

Ia menjelaskan masih terdapat banyak hal yang perlu diperbaiki agar diyakini pengoperasian jalan bebas hambatan ini diyakini keamanannya, sehingga masyarakat bisa melalui dengan aman dan nyaman.

"Masih ada waktu sebelum betul-betul beroperasi," katanya.

Sementara itu secara fisik, Desi mengungkapkan proses pembangunan telah selesai.

Untuk ruas tol Trans Jawa yang berada di wilayah Jawa Tengah, kata dia, salah satu titik yang masih dalam proses penyelesaian yakni "overpass" Ngaliyan, Kota Semarang.

"`Overpass` Ngaliyan sudah digunakan, sementara untuk yang bawah masih dkkejar agar terselesaikan dalam lima hingga tujuh hari ke depan," katanya.

Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024